Bupati Erlina Rela Basah Temui Warganya yang Terdampak Banjir

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina saat meninjau posko pengungsi banjir di Segedong, Jumat (16/7/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor) menerjang sejumlah wilayah Kabupaten Mempawah, Kalbar. Ketinggian air mencapai paha orang dewasa dan menenggelamkan rumah penduduk.

Di Mempawah banjir ,mengepung wilayah Sungai Kunyit Hulu, Pak Laheng, Terap, Pak Utan, Sepang, Toho Ilir, Peniraman, Sungai Purun Kecil, Galang, Peniti Dalam I, dan Anjongan Melancar.

Sedangkan tanah longsor terjadi di Desa Anjungan Dalam dan Kepayang. Sementara angin puting beliung yang mengakibatkan pohon tumbang terjadi di wilayah Nusapati dan Wajok Hulu.

Bupati Mempawah, Hj Erlina meninjau lokasi tanah longsor, Jumat (16/7/2021)

Banjir yang merendam sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Mempawah itupun semakin mengancam. Berdasarkan data BPBD Mempawah ada 49 kepala keluarga (kk) atau 161 jiwa terdampak. Proses evakuasi pun berlangsung hingga tengah malam, Kamis (15/7/2021).

Menindaklanjuti peristiwa tersebut, Jumat (16/7/2021). Bupati Mempawah, Hj Erlina turun langsung melihat kondisi warganya yang menjadi korban banjir di beberapa desa Kecamatan Segedong dan Toho.

Menggunakan seragam dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bupati perempuan itu rela berbasah-basahan mendatangi warganya yang menjadi korban banjir.

Bupati Mempawah, Hj Erlina meninjau sejumlah rumah warga terdampak banjir di Segedong, Jumat (16/7/2021)

Kedatangannya pun tidak dengan tangan kosong, orang nomor satu di Bumi Galaherang ini membawa sejumlah bantuan untuk warganya yang terdampak banjir, berupa mi instan, makanan siap saji, tikar serta uang tunai untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Peristiwa batingsor inipun disebabkan cuaca ekstrem pada (13-14/7/2021) lalu.

Disela-sela peninjauannya, Bupati Erlina menyempatkan diri berbincang dengan warga terdampak. “Yang sabar ya bapak ibu dan anak-anakku sekalian. Semoga cobaan ini ada hikmahnya. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Bupati Mempawah, Hj Erlina menyapa sejumlah anak-anak terdampak banjir, Jumat (16/7/2021)

Bupati Erlina memastikan pemerintah akan terus memantau perkembangan batingsor ini. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban para pengungsi korban banjir. Dan semoga banjir segera surut agar masyarakat bisa pulang kerumah dan melaksanakan aktivitasnya seperti semula,” ucapnya menenangkan warga.

Istri Wakil Gubernur Kalbar ini juga mengaku prihatin akan dampak parah pada tambak ikan serta area persawahan. Karenanya, dia akan berkoordinasi dengan OPD terkait guna memulihkan sektor ekonomi warga terdampak di beberapa desa lainnya.

Bupati Mempawah, Hj Erlina meyalurkan sejumlah bantuan berupa mie instan untuk warga terdampak banjir, Jumat (16/7/2021)

“Saya juga minta Dinas Kesehatan untuk terus memantau kondisi kesehatan warga di pengungsian serta yang masih memilih tetap di rumah masing-masing,” tegas Bupati Erlina.

Selain itu, Bupati Erlina mengimbau kepada warga untuk mengantisipasi terjadi cuaca ekstrem kedepannya. “Untuk yang terdampak saya harap dapat mendatangi posko yang telah disiapkan. Dan saya minta agar warga tetap waspada cuaca ekstrem,” imbaunya.

Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan menyerahkan bantuan sosial berupa 150 dus mie instan untuk warga terdampak banjir di posko pengungsian, Jumat (16/7/2021)

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan juga merespon ihwal batingsor tersebut. Pasalnya, mantan Bupati Mempawah dua periode ini hadir di lokasi pengungsian untuk menyalurkan bantuan, berupa 150 dus atau 6.000 bungkus mie instan untuk korban banjir di Kabupaten Mempawah. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *