TP-PKK Harus Kreatif dan Inovatif

  • Whatsapp
Jajaran Pemkab Sintang dan jajaran Pengurus TP-PKK Kabupaten Sintang saat foto bersama usai pembukaan Rakerda ke-IX yang dilaksanakan di Langkau Kita Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Selasa (13/7/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar Rapat Kerja Daerah IX tahun 2021 di Langkau Kita, Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang. Harapan diutarakan agar gerakan PKK lebih inovatif dan melahirkan program strategis pun disampaikan, Selasa (13/7/2021).

Kepala Dinas (Kadis) Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang, Maryadi pun hadir mewakili Bupati Sintang, untuk membuka dan memberikan pengarahan pada pelaksanaan Rakerda TP-PKK ini.

Dalam arahannya, mantan Camat Kelam Permai ini menyampaikan bahwa gerakan PKK sebagai mitra pemerintah, memiliki nilai yang sangat strategis dalam membangun masyarakat dan daerah. Hal tersebut, menurut dia, karena gerakan PKK telah menjadi gerakan masyarakat yang bersifat nasional.

Di samping itu, dia menambahkan, sangat efektif dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam melaksanakan pembangunan dan peningkatan kualitas hidup keluarga dan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada umumnya.

TP-PKK dengan 10 program pokok bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin untuk terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri serta hidup yang diliputi suasana harmonis yang dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk itu, gerakan PKK memiliki tanggung jawab moral untuk secara terus menerus mengupayakan kualitas hidup masyarakat sebagai program prioritas. Sekaligus merupakan amanat yang harus dilaksanakan hingga tingkat bawah,” terang Maryadi

Ia mewakili Pemkab Sintang mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TP+PKK Kabupaten Sintang yang sudah bekerja keras membantu Pemda dalam program pembangunan di segala bidang.

Lebih lanjut ia menilai bahwa PKK dengan berbagai kegiatannya, seperti yang tercermin dalam 10 program pokok PKK, telah turut berperan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat Kabupaten Sintang.

“Berbagai program dan kegiatan selama ini, telah berjalan dengan baik dan lancar, serta bersinergi mendukung program pemerintah daerah,” tambahnya.

Mengulang pernyataan yang pernah disampaikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian, tugas program penting yang harus diprioritaskan TP-PKK untuk membantu mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Yaitu penanganan Covid-19, keluarga berencana, dan pencegahan stunting.

“Dimana 3 program prioritas tersebut memiliki maksud dan tujuan untuk membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah yang dihadapi saat ini melalui kader-kader PKK yang tersebar luas di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sejalan dengan arahan tersebut, ia berharap kepada TP-PKK Kabupaten Sintang agar dapat menindaklanjuti dan mensukseskan program prioritas tersebut.

Selain itu, juga diharapkan kepada TP PKK agar dapat melakukan penguatan ketahanan keluarga dari sisi ekonomi. Khususnya di masa pandemi melalui upaya peningkatan pendapatan keluarga dan penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Maryadi mengatakan, TP PKK Kabupaten Sintang yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah bisa mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 sampai ke seluruh Kabupaten Sintang.

Di akhir arahannya, ia pun berharap Rakerda ini dapat menghasilkan persamaan persepsi dan komitmen yang sinergis terkait dengan kebijakan program dan kegiatan TP-PKK di Kabupaten Sintang.

“Sehingga nantinya TP-PKK Kabupaten Sintang siap mengintegrasikan dan mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten Sintang, Maria Magdalena menyampaikan bahwa Rakerda ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil Rakerda TP-PKK tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 22-23 Juni 2021. Namun Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang menyelenggarakan Rakerda IX Tahun 2021 secara tatap muka, mengingat keterbatasan komunikasi secara online dengan tetap memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan.

Terkait harapan keterlibatan TP-PKK dalam pembangunan nasional, Maria mengatakan bahwa keberadaan TP-PKK yang jaringannya hingga ke tingkat kelurahan atau desa dan dusun sangat mendukung hal tersebut.

“Kondisi ini sangat strategis dalam upaya menanggulangi berbagai permasalahan yang dihadapi. Utamanya masalah keluarga,” terangnya.

Maria menilai, peran serta masyarakat melalui gerakan PKK kian hari kian nyata. Namun kedepan guna memperoleh hasil yang optimal dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan keluarga, TP-PKK diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menyusun seluruh kegiatan.

“Serta dapat melaksanakan pengabdiannya yang tulus dan ikhlas. Juga tumbuh sebagai gerakan sosial masyarakat yang bebas dari kepentingan politik,” tambahnya.

Senada dengan Maryadi, ia pun berharap TP-PKK Kabupaten Sintang dapat bermusyawarah dan mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Serta dapat terus tumbuh dan berkembang.

“Saya juga memohon kepada OPD terkait kiranya dapat menjalin kerjasama yang baik dengan PKK dalam pembinaan kecamatan maupun desa,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *