Sintang Ketum LTKL Periode 2021-2024

  • Whatsapp

LensaKalbar – Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang dilaksanakan secara virtual beberapa waktu lalu menghasilkan keputusan bahwa Kabupaten Sintang terpilih sebagai Ketua Umum LTKL periode 2021 – 2024.

Dari 10 pemilik suara, tujuh pemilik suara memilih Kabupaten Sintang sebagai ketua umum.

LTKL sendiri merupakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan pembangunan yang menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat sesuai agenda Nasional melalui gotong royong multipihak. Anggota LTKL berjumlah sembilan kabupaten yang ada di enam provinsi di Indonesia.

Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto saat mengikuti Rapat Umum Anggota LTKL Tahun 2021 dari Command Center Kantor Bupati Sintang mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh kabupaten anggota LTKL yang sudah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Sintang sebagai Ketua Umum LTKL.

“Mayoritas anggota LTKL ternyata memilih kita sebagai Ketua Umum LTKL periode 2021 – 2024. Kita siap dan dengan senang hati menerima kepercayaan ini,” ucapnya, Senin (5/7/2021).

Sudiyanto pun sangat mengharapkan kerja sama dan dukungan dari seluruh anggota dan tim di Sekretariat LTKL untuk mewujudkan Kabupaten Lestari di semua anggota.

Selain itu, Sudiyanto juga meminta dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sintang, untuk Bupati Sintang selaku Ketua Umum LTKL dalam mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

“Kita berharap pembangunan yang kita lakukan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun lingkungan tetap terjaga. Kata kuncinya masyarakat sejahtera, lingkungan terjaga,” tegas Sudiyanto.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang Kartiyus mengatakan, dengan amanah ini, Kabupaten Sintang siap bekerja sama dan gotong royong menciptakan Kabupaten Lestari. “Semua OPD siap mendukung Bupati Sintang menjadikan LTKL semakin kuat kedepannya,” ujarnya.

Setelah Ketua Umum LTKL terpilih, selanjutnya juga akan dipilih Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum serta kepengurusan lainnya. Adapun di periode sebelumnya, tepatnya periode 2017 – 2021, LTKL diketuai oleh Dodi Reza Alex Noerdin yang merupakan Bupati Musi Banyuasin.

Saat itu, Bupati Sintang Jarot Winarno menjabat sebagai Bendahara LTKL. Sementara Sekretaris Jenderal LTKL dipegang oleh Bupati Siak H. Alfedri.

Selain memilih pengurus LTKL periode 2021 – 2024, Rapat Umum Anggota LKTL juga mengangkat Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sebagai Dewan Pengawas LTKL.

Selain itu, agenda RUA LKTL Tahun 2021 adalah melakukan deklarasi komitmen kabupaten anggota LTKL fase II. Yaitu terkait target capaian anggota LTKL dan model pemantauan kemajuan kabupaten anggota melalui pendekatan lima pilar, memutuskan program strategis LTKL jangka pendek, menengah dan panjang baik dari sisi program hingga strategi komunikasi.

Juga mengevaluasi pelaksanaan program periode 2017 – 2020, dan peluncuran beberapa produk hasil capaian kabupaten sebagai kabupaten anggota LTKL. Meningkatkan terpaan maupun eksposur untuk narasi produk lokal lestari. Serta transaksi penjualan dari produk UMKM melalui UMKM Fair. Juga memperluas jejaring, baik dari sisi pemerintah kabupaten, mitra pembangunan, swasta hingga UMKM. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *