Kapolsek Pastikan Lebih dari 600 Orang Sudah Divaksin

  • Whatsapp
Kapolsek Siantan, Rahmad Kartono melakukan sterilisasi ruangan Mapolsek Siantan, Minggu (20/6/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Dimulai sejak 10 Juni lalu, Polsek Siantan melaksanakan program vaksinasi massal. Dalam kurun waktu sepuluh hari, lebih dari 600 orang telah terdata menerima suntikan vaksin di Mapolsek Siantan.

Saat ini, program vaksinasi massal terus berlanjut di masyarakat. “Hingga kemarin (Sabtu, red), jumlah masyarakat yang berpartisipasi dalam program vaksinasi massal di Mapolsek Siantan sebanyak 680 orang. Hari ini (Minggu, red), kita tetap melaksanakan vaksinasi,” terang Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, SH, MH, Minggu (20/6/2021).

Kapolsek memastikan pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 tahap I di Kecamatan Jongkat dilakukan sesuai prosedur dan mekanisme kesehatan. Bahkan, pihaknya turut melibatkan petugas medis dari Puskesmas Rawat Inap Jongkat. Sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin.

“Masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir, karena petugas yang melakukan vaksinasi telah terpercaya di bidangnya. Ada 7 petugas medis dari Puskesmas Rawap Inap Jongkat yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi massal tahap I ini,” ujarnya.

Sesuai prosedurnya, lanjut Kapolsek, masyarakat yang akan menerima vaksin harus mendaftarkan diri secara oline melalui link bit.ly/vaksincovidRI. Setelah itu, masyarakat calon penerima vaksin akan mendapat konfirmasi SMS dari PeduliLindungi.id.

“Setelah itu, masyarakat silahkan datang ke Mapolsek Siantan untuk mengikuti proses pemeriksaan kesehatan. Dimulai dari meja pendaftaran, kemudian skrining melalui 16 pertanyaan untuk menentukan layak atau tidaknya mendapatkan vaksin, meja vaksinasi serta meja observasi,” papar Kapolsek.

Setelah mendapatkan vaksinasi tahap I, imbuh dia, masyarakat akan kembali datang untuk menerima suntikan kedua. Yakni setelah 14 hari pasca suntikan vaksin yang pertama.

Dia berharap kegiatan vaksinasi massal tahap I untuk masyarakat Kecamatan Jongkat berjalan lancar. “Kita berharap masyarakat antusias dan berpartisipasi aktif mendaftarkan dirinya sebagai penerima vaksin. Mari kita sukseskan vaksinasi massal untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat,” serunya.

Lebih jauh, Kapolsek Memastikan kebersihan di lingkungan kerja Mapolsek Siantan yang menadi lokasi kegiatan vaksinasi massal di Kecamatan Jongkat. Setiap harinya, Mapolsek Siantan disterilisasikan menggunakan mesin uap yang berisikan cairan disinfektan.

“Setiap hari kita lakukan sterilisasi ruangan di Mapolsek Siantan. Terutama pada ruangan yang digunakan untuk kegiatan vaksinasi massal. Proses sterilisasi menggunakan mesin uap yang berisikan cairan disinfektan,” jelas dia.

Kapolsek menerangkan, cairan disinfektan yang digunakan untuk sterlisasi Mapolsek Siantan dengan mencampurkan cairan sabun dan pembersih lantai sehingga menghasilkan kandungan yang dapat membunuh kuman dan virus.

“Nah, cairan disinfektan itu dimasukan ke mesin uap diruangan yang akan disterilkan. Setelah itu, mesin akan mengeluarkan uap untuk mensterilkan seluruh ruangan tersebut,” tuturnya.

Kapolsek menyebut, sterilisasi Mapolsek Siantan sangat penting guna memastikan lingkungan kerjanya aman dari ancaman virus Covid-19 dan penyakit lainnya. Sehingga, kegiatan vaksinasi massal dan aktivitas pelayanan publik tetap berjalan dengan baik.

“Sterilisasi ini untuk mengantisipasi kemungkinan penularan penyakit, terutama berkaitan dengan virus corona. Sehingga, kegiatan vaksinasi dan pelayanan masyarakat tetap terlaksanakan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *