Bupati Jarot Pastikan Tahun Ini Sintang Bangun 34 Tower BTS USO di Kayan Hulu

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sintang ketika menerima audiensi dari pihak Fiberhome terkait rencana pembangunan 163 Tower BTS USO di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (15/6/2021)

LensaKalbar – Keresahan dan ketidakpastian terkait infranstruktur jaringan telekomunikasi di wilayah pedalaman Kabupaten Sintang akhirnya terjawab. Pasalnya tahun 2021 ini, Bupati Sintang Jarot Winarnon memastikan Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI akan membangun 34 Tower Base Transceiver Station (BTS) USO di beberapa desa pedalaman Kabupaten Sintang.

Pembangunannya pun dilakukan secara bertahap. “Untuk tahun ini adalah tahap pertama pembangunannya, dan ada 34 titik Tower BTS USO yang akan dibangun. Sedangkan tahap kedua nantinya, ada 129 titik yang akan dibangun. Jadi, totalnya ada 163 tower yang akan dibangun di Kabupaten Sintang,” ungkap Bupati Jarot usai menerima audiensi dari pihak Fiberhome terkait rencana pembangunan 163 Tower BTS USO di desa yang ada di Kabupaten Sintang, Selasa (15/6/2021).

Berkaitan dengan lokasi titik pembangunan, Jarot mengatakan, ihwal tersebut akan diatur sedemikian rupanya. Namun dipastikan 34 tower ini akan dibangun di Kecamatan Kayan Hulu.

Sedangkan desa yang belum mendapatkan tower diharapkan dapat bersabar. “Mudah-mudahan bisa mendapat sinyal dari tower tersebut nantinya, kira-kira begitulah,” ucap Bupati Jarot.

Dengan dibangunnya tower tersebut, Bupati Jarot berharap dapat menjawab keresahan dan ketidakpastian masyarakat pedalaman terkait infrastruktur jaringan telekomunikasi.

“Ya, mudah-mudahan konektivitas telekomunikasi di pedalaman bisa lebih baguslah, karena konektivitas itukan tidak hanya jalan tapi juga komunikasinya, sehingga orang tua yang di pedalaman bisa ngecek anak-anaknya yang menempuh pendidikan di perkotaan dan sebagainya. Karena yang masyarakat inginkan dan minta adalah sinyal telekomunikasi itu sampai ke pedalaman,” katanya.

Sebelumnya, beber Jarot, pemerintah juga telah membangun tower tersebut di Kecamatan Serawai, Ambalau, dan kawasan perbatasan di Ketungau Tengah dan Hulu.

“Kalau ada kecamatan lain yang masih kurang dan sebagainya, nda apa, mudah-mudahan selanjutnya dapat alokasi lagi, karena tahun ini mereka fokus untuk desa sangat tertinggal, khususnya di Kecamatan Kayan Hulu,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Bupati Sintang ketika menerima audiensi dari pihak Fiberhome terkait rencana pembangunan 163 Tower BTS USO tersebut, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sintang, dan sejumlah OPD terkait lainnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *