Kemudahan Berusaha Dorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berjelanjutan

  • Whatsapp
Bimbingan teknis (Bimtek) / sosialisasi kemudahan berusaha di Kabupaten Sintang, Rabu (9/6/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sintang menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) / sosialisasi kemudahan berusaha di Kabupaten Sintang, Rabu (9/6/2021).

Bimtek kemudahan berusaha inipun diyakini dapat meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sintang sebagai bentuk implementasi visi misi Bupati Sintang 2021-2026.

“Tentunya, hal ini sejalan dengan turunan dari kebijakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yakni peningkatan inovasi untuk pencapaian target penanaman modal serta peningkatan penanaman modal yang berkualitas dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap Sekretaris Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sintang, Rosmiyati.

Menurut Rosmiyati, kegiatan bimtek ini memiliki empat sasaran utama untuk diimplementasikan. Pertama melakukan upaya peningkatan pemahaman kebijakan penanaman modal untuk perizinan berusaha. Kedua, melakukan peningkatan jumlah pelaku usaha untuk memiliki perizinan berusaha. Ketiga, melakukan peningkatan jumlah pelaporan kegiatan penanaman modal / Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Dan ke empat melalukan upaya peningkatan antar kemitraan usaha skala besar dengan UMKM di Kabupaten Sintang.

Guna mewujudkan tujuan utama pembangunan Kabupaten Sintang yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka diperlukan investasi.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sintang menempatkan penanaman modal menjadi salah satu yang diprioritaskan dalam RPJM Kabupaten Sintang, yang pada akhirnya realisasi investasi di Kabupaten Sintang terus meningkat, dimulai dari Usaha Kecil dan Menengah meningkat menjadi usaha yang berkembang di Kabupaten Sintang,” ujar Rosmiyati.

Selain itu juga, kata Rosmiyati, dengan adanya kemudahan berusaha ini pastinya ada tantangan yang harus dihadapi kedepannya.

“Tantangan kedepan nantinya adalah bagaimana kita bisa menarik para calon investor untuk mengembangkan industri hilir yang nantinya dapat mempercepat pertumbuhuan dan perkembangan ekonomi serta dapat menyerap tenaga kerja di Kabupaten Sintang,” ungkap Rosmiyati.

Olehkarenanya, Rosmiyati berharap kegiatan Bimtek kemudahan berusaha ini dapat dipahami oleh semua peserta yang hadir. “Tentu kita sangat berharap hasil dari bimtek ini dapat diimplementasikan ke lapangan dan memberikan kemudahan para pelaku usaha dalam memperoleh perizinan,” pungkas Rosmiyati. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *