Hari ke-13, Posko Sepulut Swab 2.777 Orang, 59 Positif Covid-19

  • Whatsapp
Petugas medis di posko penyekatan sepulut atau covid-19 melakukan swab test antigen terhadap warga yang ingin masuk ke Kabupaten Sintang, Rabu (19/5/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Sebanyak 2.777 orang dilakukan swab test antigen di posko penyekatan arus balik atau Covid-19 di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang.

Sekretaris Satgas Covid-19 Sintang, Bernard Saragih menyebutkan dari 2.777 orang yang dilakukan swab test antigen Covid-19, ada 59 orang dinyatakan positif Covid-19.

“Data ini merupakan hari ke-13 kita melakukan penyekatan di posko sepulut. Jadi, kita temukan 59 orang positif corona,” beber Bernard Saragih.

Selain itu, ungkap Bernard, petugas posko juga berhasil menghentikan 1.867 kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Rata-rata banyak kendaraan keluarga yang melintas di posko penyekatan kita. Mereka kita lakukan pemeriksaan, kemudian kita lakukan swab test antigen,” ucapnya.

Dari 59 orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu, kata Bernard, hanya sebagian kecil warga Sintang. Rata-rata banyak warga luar Sintang seperti, Mempawah, Landak, Sekadau, Sanggau, Kota Pontianak dan lainnya.

“Ini berdasarkan KTP yang mereka tunjukan kepada petugas kita,” ucapnya.

Bagi warga yang KTP-nya berdomisili di luar Kabupaten Sintang, pihaknya tidak mengizinkan untuk masuk ke Sintang atau diminta untuk putar balik ke tempat asalnya. Sementara warga KTP-nya asal Kabupaten Sintang namun dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan swab test antigen Covid-19, maka yang bersangkutan langsung dilakukan isolasi di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Jadi, yang bukan warga Sintang tapi positif covid-19 kita minta putar balik dan kembali ke daerah asalnya. Sementara warga Sintang kita langsung lakukan isolasi di tempat yang sudah di sediakan,” ungkap Bernard.

Kendati demikian, Bernard berharap kepada seluruh masyarakat yang akan masuk ke Kabupaten Sintang dapat menunjukan hasil negatif swab tes antigen. Meskipun posko sepulut menyediakan swab test antigen secara gratis.

“Kita sangat berharap masyarakat yang masuk ke Sintang dapat menunjukan hasil negatif swab test antigen. Artinya mereka sudah siap dengan dokumen perjalanan. Walaupun kita juga menyiapkan pemeriksaan swab antigen,” katanya.

Rerata, ungkap Bernard, yang lengkap dengan dokumen perjalanannya adalah para supir ekspedisi. Mereka mengantongi hasil negatif covid-19 dari daerah asalnya.

“Rata-rata supir truk ekspedisi menunjukan surat hasil negatif swab test antigen. Tentunya ini juga yang kita harapkan kepada masyarakat lainnya, apabila ingin masuk ke Kabupaten Sintang,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *