Bupati Erlina Tegaskan Pemerintahanya Komit Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik

  • Whatsapp
Bupati Mempawah dan Forkompinda saat Komsos dengan Danrem dan KBT di Aula Balairung Setia, Kantor Bupati Mempawah, Rabu (19/5/2021)

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah menegaskan komitmennya untuk mengedepankan komunikasi guna berinteraksi sosial dengan masyarakat melalui berbagai sarana dan media publik. Agar, tercipta keterbukaan informasi dan transparansi dalam tata kelola pemerintahan daerah.

Komitmen tersebut ditegaskan Bupati Mempawah, Hj Erlina, saat menghadiri kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Ronny, S.AP dengan Keluarga Besar Tentara (KBT), Aparat dan Komponen Masyarakat Kabupaten Mempawah, Rabu (19/5/2021) di Aula Kantor Bupati Mempawah.

Menurut Bupati Erlina, komunikasi memiliki peranan penting dalam upaya menciptakan hubungan sosial khususnya antar jajaran pemerintah di semua tingkatan, para pemangku kepentingan, organisasi sosial, pelaku usaha dan masyarakat.

“Dalam dimensi pemerintah daerah, komunikasi yang efektif memiliki peranan besar dalam dua aspek utama,” katanya.

Melalui komunikasi yang efektif, sambung Bupati Erlina, memudahkan terjadinya trasfer informasi atas penyelenggaraan dan pelaksanaan program kerja dan berbagai kegiatan pemerintahan di masyarakat.

“Disisi lain, komunikasi yang efektif turut menempatkan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi secara aktif dalam memberikan kontribusi atas penyelenggaraan roda pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Erlina menilai, terjadinya benturan-benturan sosial antar individu bahkan kelompok masyarakat, sikap mengedepankan ego sektoral, merasa paling benar, tidak terbuka terhadap kritikan mestinya tidak perlu terjadi jika ruang  komunikasi dimaksimalkan dengan baik dan benar.

“Seluruh stakeholder harusnya dapat memanfaatkan ruang komunikasi untuk menciptakan suasana yang aman, damai serta kondusif dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRi),” tegasnya.

Karena itulah, Erlina memastikan Pemerintah Kabupaten Mempawah berupaya maksimal menyediakan wadah serta berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk dapat berinteraksi dengan pemerintah melalui kanal-kanal media sosial, sistem informasi pelaporan (SP4N-Lapor) maupun media lainnya yang mudah diakses masyarakat.

“Langkah ini merupakan wujud nyata kami untuk mengedepankan komunikasi sebagai filter bagi pihak-pihak lain yang tidak ingin menciptakan kemajuan dan kodusifitas kamtibmas di masyarakat Kabupaten Mempawah,” tegasnya.

Ke depan, Bupati Erlina mengharapkan dukungan dan peran aktif seluruh stakeholder elemen masyarakat di Kabupaten Mempawah  untuk mendukung berbagai langkah dan upaya yang dilaksanakannya dalam rangka menciptakan transparansi dan keterbukaan informasi di masyarakat.

“Mari bersama-sama kita bergandeng tangan mendukung kebijakan strategis pemerintah daerah guna mewujudkan visi misi menjadikan Kabupaten Mempawah yang maju, cerdas dan terdepan,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *