Pemda Sintang dan Pemprov Kalbar Diminta Bersinergi Tekan Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Heri Jamri, Wakil Ketua II DPRD Sintang

LensaKalbar – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri, ikut prihatin dengan melonjaknya kasus Covid-19 yang terjadi di berbagai daerah, khususnya di Kabupaten Sintang saat ini.

Karena itu, Heri Jambri meminta kepada pemerintah, untuk tetap serius dan sungguh-sungguh dalam melakukan pencegahan, pengobatan dan penanganan penyebaran kasus Covid-19. Penanganan yang tepat dan efektif dapat menghentikan kasus  penyebaran Covid – 19 tanpa menimbulkan persoalan baru.

Kemudian, Heri Jambri berharap Pemerintah Kabupaten Sintang tetap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar dalam memutus laju penyebaran virus yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat ini.

Lanjut dia, setiap pengambilan kebijakan dalam penanganan Covid-19 harus dilakukan secara cepat, transparan dan bijaksana, yaitu dengan mendengarkan masukan dari berbagai pihak yang kompeten.

“Sebagai langkah pencegahan dan memutus penyebaran covid-19, saya mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sintang, terutama adanya penyekatan di wilayah Sepulut,” ucapnya, Kamis (22/4/2021).

Kendati demikian, lanjut legislator Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu, kebijakan tersebut harus dilakukan secara adil dan menggunakan alat swab lebih aman bagi kesehatan masyarakat. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bersama.

Tidak hanya peralatan memadai, dia juga meminta pihak terkait untuk melakukan pendekatan dengan kemanusiaan dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sintang. Hal itu termasuk menyesuaikan kondisi psikologis masyarakat saat ini karena mengalami kesulitan secara ekonomi akibat pandemi.

Olehlarenanya, Heri Jambri menyarankan, agar penanganan Covid-19 di Bumi Senentang ini terus dikoordinasikan ke Pemerintah Porvinsi Kalbar, sehingga terjadi lonjakan kasus lebih besar dapat diatasi secara bersama.

“Selain itu, saya juga meminta agar tracing terhadap pihak-pihak yang diduga pernah berinteraksi dengan korban covid-19. Segera lakukan tindakan ini secara maksimal dan terukur,” pintanya.

Walau demikian, Heri Jambri mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan guna menekan laju penyebaran. Caranya dengan mengamalkan 5M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Ayo kita hadapi bersama dengan terus menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, semoga musibah covid-19 ini dapat segera kita atasi bersama dengan baik,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *