Peresmian Pelabuhan Internasional Kijing, Jokowi Dijadwalkan Hadir

  • Whatsapp
Bupati Mempawah, Hj Erlina berbincang hangat dengan Presiden RI Joko Widodo. Foto ist

LensaKalbar – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam peresmian operasional Pelabuhan Internasional Kijing pada Juli 2021 mendatang.

Insyaallah, Bapak Presiden Jokowi akan hadir ke Mempawah untuk meresmikan Pelabuhan Internasional Kijing,” ujar Bupati Mempawah, Hj Erlina saat ditemui sejumlah awak media di Kantor Bupati Mempawah, Selasa (20/4/2021).

Menurut Bupati, Presiden Jokowi telah menyatakan langsung kepada dirinya akan hadir ke Mempawah untuk meresmikan Pelabuhan Internasional Kijing.

“Jadi, pelabuhan ini akan diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Jokowi. Karena beliau sendiri yang menyatakan langsung kepada saya saat bertemu di Istana Negara pada beberapa waktu lalu,” katanya.

Rencananya, kata Bupati Erlina, Pelabuhan Internasional Kijing diresmikan pada Juli 2021 mendatang. “Rencana peresmiannya Juli nanti ya. Tapi kita lihat dulu waktu pastinya, karena kita masih dalam kondisi pandemi. Mudah-mudahanlah Juli nanti tidak berubah, sehingga Presiden Jokowi pun dapat meresmikannya,” ungkapnya.

Berkaitan dengan peresmian, tentunya Pemerintah Kabupaten Mempawah akan melakukan berbagai persiapan. “Apabila Juli tidak ada kendala, maka kita akan lakukan persiapan-persiapan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi ke Mempawah, sehingga proses peresmian dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Erlina optimis bahwa Pelabuhan Internasional Kijing bakal memberikan dampak besar bagi dunia usaha di Kalimantan Barat. Salah satu dapat memangkas biaya distribusi komoditas asal Kalbar.

Selama ini Kalbar dikenal sebagai penghasil CPO, karet dan hasil tambang. Ini merupakan komoditas ekspor. Hanya saja pengirimannya harus melalui pelabuhan lain, seperti Jakarta, Surabaya dan Riau.

Dengan adanya pelabuhan ini, tentunya ada dampak yang dirasakan. Salah satu dampaknya adalah efisiensi untuk distribusi komoditas Kalbar. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *