Bagikan 2.818 Al-Quran

  • Whatsapp
Ketua ICMI Orda Sintang, Kurniawan saat menyampaikan kata sambutan dalam peluncuran Wakaf 1001 Al-Quran di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (20/4/2021)
banner 468x60

LensaKalbar – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Sintang siap menyalurkan 2.818 eksemplar Al-Quran hasil sumbangan donatur ke 165 titik. Ihwal tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi buta aksara Al-Qur’an di kabupaten itu.

Ketua ICMI Orda Sintang, Kurniawan mengatakan bahwa lebih dari 60 persen umat Muslim di Indonesia masih belum bisa membaca Al-Quran atau buta aksara Al-Quran. Sedangkan yang dapat membaca Al-Quran dengan lancar hanya di angka 20-25 persen, termasuk di Sintang.

“Ini permasalahan yang sangat mendasar, memilukan, mungkin juga memalukan bagi kita semua,” ucap Kurniawan, Selasa (20/4/2021).

Guna memerangi buta Al-Quran ini, ICMI Orda Sintang pun menggagas wakaf 1001 Al-Quran. Gerakan ini ialah upaya untuk menghimpun dan menyalurkan Al-Quran ke seluruh Sintang.

“Sampai hari ini kami berhasil mengumpulkan 2.818 Al-Quran. Ini 3 kali lipat dari target awal. Dan ini tanda bahwa umat kita sebenarnya sangat mudah untuk diajak dalam sebuah gerakan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri,” katanya.

Olehkarenanya, Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada donatur, baik itu perorangan, kelompok, maupun instansi yang telah menyumbangkan Al-Quran.

“Nantinya Al-Quran ini akan kita sebar ke 165 titik yang membutuhkan. Terdiri dari Masjid, Surau, Pondok Pesantren, maupun Rumah Sakit,” ujarnya.

Kurniawan berharap wakaf 1001 Al-Quran ini dapat menjadi langkah awal untuk mengatasi buta Al-Quran yang dinilainya bisa menjadi penghambat dalam mewujudkan masyarakat yang religius di Kabupaten Sintang.

“Kita harap ke depannya wakaf 1001 Al-Quran bisa menjangkau seluruh Masjid di Kabupaten Sintang,” katanya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan sudah ada beberapa gerakan baik dalam kerangka keagamaan yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan di Sintang. Seperti yang dilakukan oleh Pasukan Amal Saleh (Paskas) dengan infak beras untuk disalurkan kepada orang tidak mampu. Juga ada progam dana peduli umat di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sintang. Termasuk juga Wakaf Al-Quran yang digagas oleh ICMI Orda Sintang.

“Kegiatan yang sepertinya kecil, kalau dilakukan bersamaan akan menghasilkan dampak yang besar sekali bagi umat Islam di Sintang. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dapat terpenuhi seluruhnya,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *