Minta Pemerintah Evaluasi Strategi Penanganan Covid-19 di Sintang

  • Whatsapp
Heri Jamri, Wakil Ketua II DPRD Sintang

LensaKalbar – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri meminta pemerintah segera mengevaluasi strategi penanganan pandemi┬áCovid-19┬ásecara menyeluruh.

Sebab, menurut Heri Jambri, hingga saat ini kurva kasus Covid-19 di Bumi Senentang mengalami lonjakan. Bahkan, angka kematian pasien positif Covid-19 juga mengalami peningkatan drastis.

“Pemerintah harus evaluasi menyeluruh strategi penanganan pandemi ini untuk menemukan bagian apa lagi yang harus kita gencarkan, dan apa yang harus dilakukan agar kasus positif covid-19 dapat ditekan,” ujar Heri Jambri, Senin (19/4/2021).

Selain itu, Heri Jambri mengapresiasi kerja pemerintah yang sudah menganggarkan biaya besar untuk penanganan Covid-19. Namun, nyatanya pandemi belum bisa tertangani.

Heri Jambri mengatakan strategi penegakan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas harus diperkuat. Demikian pula dengan 3T (tracing, testing, treatment) atau penelusuran, pengujian, dan pengobatan.

“Pemerintah harus jadi motor penggerak untuk melahirkan usaha yang lebih dari luar biasa, sehingga lonjakan kasus ini dapat diatasi dan kesehatan masyarakat kita dapat terjamin,” ujarnya.

Olehkarenanya, Heri Jambri meminta pemerintah introspeksi dan menegaskan kehadiran negara untuk masyarakat. “Negara harus hadir membantu masyarakat. Pertimbangkan lakukan pencegahan dengan meningkatkan imunitas, berikan vitamin dan jamu herbal pada masyarakat untuk meningkatkan daya imunnya,” saran Heri Jambri.

Kemudian, Heri Jambri juga meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengoptimalkan sinergi dalam penanganan pandemi Covid-19, agar kebijakan yang diambil pemerintah pusat dan daerah mesti berdasarkan data akurat dan mempertimbangkan berbagai masukan.

“Ini tentang kemanusiaan, maka sinergi sangat penting. Utamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat, jangan politisasi keadaan,” tegas Heri Jambri.

Menurut Heri Jambri, seharusnya dengan terjadinya lonjakan kasus seperti saat ini, pemerintah daerah segera melakukan perbaikan. Sebab dia tidak ingin rakyatnya berjatuhan akibat Covid-19.

” Jangan sampai, angka tersebut terus meningkat dan penyebaran virus semakin meluas,” ucapnya.

Walau demikian, Heri Jambri mengimbau kepada semua pihak agar tetap menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal ini dilakukan agar dapat menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Senentang. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *