Jarot Minta Perusahaan Berdayakan SDM Lokal

  • Whatsapp
Jarot Winarno, Bupati Sintang

LensaKalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno menegaskan, seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Sintang agar dapat memberdayakan sumber daya manusia lokal, tidak membuka lapangan pekerjaan bagi warga luar Sintang.

Hal itu, kata Bupati Jarot, dimaksudkan demi mengurangi jumlah pengangguran di wilayah yang di pimpinnya.

Olehkarenanya, orang nomor satu di Bumi Senentang inipun menaruh harapan kepada semua perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan kelapa sawit, dan lainnya bisa serius memberikan perhatian bagi SDM tenaga kerja lokal Sintang dalam penyerapan kerja.

“Yang menjadi problema Sintang saat ini adalah minimnya lapangan pekerjaan, padahal ada puluhan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan yang beroperasional di Sintang. Namun belum dapat memberdayakan SDM lokal,” katanya.

Karena itu, Bupati Jarot dengan tegasnya meminta kepada seluruh perusahaan yang melakukan aktifitas di wilayahnya agar dapat memperhatikan dan memperdayakan SDM lokal.

“Saya minta utamakan SDM lokal, dengan begitu dapat menekan angka pengangguran di Sintang,” ungkapnya.

Bupati Jarot menilai saat ini di Kabupaten Sintang sudah banyak tenaga kerja lokal yang siap untuk di pekerjakan di perusahaan setempat dan semuanya telah siap pakai.

“Saat ini telah banyak banyak lulusan-lulusan sarjana yang mumpuni dan siap bersaing, untuk dapat bekerja di perusahaan – perusahaan yang ada,” ungkapnya lagi.

“Banyak tenaga kerja lokal baik itu lulusan sarjana maupun SMK yang sudah siap untuk dipekerjakan di perusahaan perkebunan, dan saya rasa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mereka miliki juga tidak kalah bagus,” tambahnya.

Bupati Jarot mengatakan, keberadaan perusahaan di Kabupaten Sintang sejatinya diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan baru dan menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja atau masyarakat lokal untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Maka dari itu kami mengharapkan agar perusahaan yang beraktivitas di Sintang bisa menindaklanjuti hal ini, karena keberadaan perusahaan tersebut tentunya diharapkan mampu memberikan dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *