Wabup Akui Sintang Masih Gawat Infrastruktur Jalan dan Jembatan

  • Whatsapp
Sudiyanto, Wakil Bupati Sintang

LensaKalbar – Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengakui hingga saat ini wilayah yang dipimpinnya masih mengalami kegawardaruratan infrastruktur jalan dan jembatan. Pasalnya begitu banyak jalan penghubung desa ke pusat kecamatan yang belum berfungsi secara maksimal.

“Jadi, kita (Sintang,red) masih dalam kondisi kegawatdaruratan infrastruktur jalan dan jembatan. Tentunya kondisi ini menimbulkan banyak dampak, terutama soal distribusi dan transportasi barang dan jasa, sehingga menyebabkan tingginya harga barang,” ungkap Wabup Sudiyanto, Jumat (12/3/2021).

Wabup Sudiyanto berpendapat dengan kondisi infrastruktur saat ini, tetntunya mempengaruhi pendapatan masyarakat. Ditambah lagi dengan rendahnya harga komoditas unggulan seperti lada, karet, dan buah sawit.

Pemerintah, lanjut Wabup Sudiyanto, terus berupaya mengambil langkah, agar kondisi infrastruktur di Sintang dapat teratasi. Namun perlu diketahui juga bahwa kondisi saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

“Pembangunan banyak tertunda, karena pandemi. Tapi kita tetap melalukan pembangunan, namun di sejumlah titik yang urgent, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya,” katanya.

Selain itu, kata Wabup Sudiyanto, dana alokasi umum (DAU) dari Pemerintah Pusat (Pempus) sangat terbatas untuk dapat mengakomodir seluruh kegiatan pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat melalui Musrenbang. Ditambah lagi, pandemi covid-19 ini.

“Jadi, banyak pembiayaan difokuskan untuk menanggulangi penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Kendati demikian, Wabup Sudiyanto memastikan pembangunan yang diusulkan masyarakat melalui Musrenbang akan tetap menjadi bahan prioritas Pemkab Sintang. “Apa yang diusulkan di Musrenbang akan kita prioritaskan, tapi tidak semua dapat kita akomodir, karena kita saat ini masih difokuskan untuk memutus rantai penyebarab covid-19, sehingga sebagian dana pembangunan yang ada terpaksa dialihkan,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *