Penyuntikan Tahap Pertama Vaksin di Mempawah Baru Capai 40,33 Persen, 181 Nakes Tak Layak Divaksinasi

  • Whatsapp
Vaksnasi tenaga kesehatan di Puskesmas Mempawah Hilir

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah memulai vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 18 Januari 2021. Pada tahap pertama, vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Saat ini, tercatat 1.186 tenaga medis yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 Sinovac di Mempawah. Mereka telah didata pemerintah.

Berdasarkam data vaksinasi penyuntikan tahap pertama tercatat 891 tenaga kesehatan yang hadir di fasilatas kesehatan untuk dilakukan vaksinasi. Namun yang berhasil divaksinasi hanya 508 tenaga kesehatan. Sementara status tunda vaksin ada 202 orang. Dan yang tidak layak divaksinasi ada 181 orang.

“Kalau kita lihat persentasenya, Kabupaten Mempawah untuk tahap pertama vaksinasi sudah 40,33 persen,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Mempawah, Mukhtar Siagian, Rabu (3/2/2021).

Sementara kata Mukhtar, pada tahap pertama penyuntikan kedua ada 38 tenaga kesehatan di Kabupaten Mempawah.

“Sekarang kita sudah masuk pada tahap pertama penyuntikan vaksinasi kedua,” ujar Mukhtar.

Mukhtar tidak menampik bahwasanya ada rasa ragu dan takut yang dialami para tenaga kesehatan saat vaksinasi dilakukan. Disamping itu, ada juga yang tidak layak divaksinasi, karena ada penyakit bawaan.

Nah, banyak juga saat dilakukan screening kesehatan yang tidak lolos, sehingga tidak dapat divaksinasi dan ditunda sementara,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *