APBD 2021 Masih Fokus Tangani Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

LensaKalbar – Belum adanya kepastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak masih memfokuskan penganggaran untuk menangani pandemi Covid-19 hingga tahun 2021. Namun demikian, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memastikan program-program pembangunan strategis tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Program-program itu sudah dialokasikan dalam proyek multiyears seperti pembangunan rumah sakit, sekolah terpadu, waterfront dan lainnya,” ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Sementara untuk program lainnya yang tertunda di tahun 2020, tetap dilanjutkan dan menjadi skala prioritas. Pihaknya optimis semuanya berjalan sesuai rencana sebab program tersebut tinggal memasuki proses lelang pada awal tahun.

“Jadi sifatnya berkelanjutan, yang belum tuntas maka akan terus dilanjutkan,” sebutnya.

Edi menambahkan, kunci dalam pembangunan ini adalah bagaimana pertumbuhan ekonomi tetap berjalan sehingga mampu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana.

“Dampaknya adalah terdongkraknya pertumbuhan ekonomi dan mendorong kegairahan masyarakat untuk beraktivitas,” imbuhnya.

Untuk alokasi perencanaan, menurutnya tidak menjadi kendala. Akan tetapi perlu adanya penyesuaian terhadap ketersediaan anggaran. Sementara untuk pembebasan lahan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I, saat ini tengah dituntaskan.

“Dengan berjalannya waktu dan negosiasi, masyarakat secara umum sudah bisa menerimanya,” ucapnya. (LK1/prokopim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *