Diterjang Ombak 5 Meter, 15 Nelayan Mempawah Selamat

  • Whatsapp
Ilustrasi

LensaKalbar – Sebanyak 15 nelayan asal Kuala Secapah dilaporkan hilang setelah perahu yang ditumpanginya terhempas gelombang di perairan laut Mempawah, Minggu (29/11/2020).

Kapolsek Mempawah Hilir, Iptu Marjuni membenarkan kabar nelayan tradiosional asal Kuala Secapah itu. Berdasarkan informasi yang diterimanya ada 15 nelayan yang pergi mencari ikan ke laut dengan 7 sampan yang berbeda pada pukul 04.00 WIB.

“Mereka pergi mencari ikan di perairan laut Mempawah, sekitar 2 mil dari pinggir Pantai Kuala. Saat itu kondisi cuaca cerah dan tidak ada gelombang. Tapi pukul 07.00 WIB, tiba-tiba angin kencang serta gelombang sekitar 5 meter menghempas sampan nelayan tradisional tersebut,”ungkap Kapolsek.

Akibatnya, kata Kapolsek, 4 sampan yang ditumpangi 9 nelayan tradisonal itu dihempas ombak dengan ketinggian kurang lebih 5 meter dan disertai angin kencang.

“4 sampan mereka pecah. 9 nelayan kita ini berusaha menyelamatkan diri dengan berenang agar dapat sampai ke bibir pantai menggunakan jerigen kosong. Dan mereka kita temukan pukul 14.00 WIB. Kondisinya sehat semua dan sudah berada di rumahnya masing-masing,” terang Kapolsek.

Sementara 6 nelayan lainnya yang berada di tiga sampan, dapat selamat dari terjangan gelombang karena mereka berhasil mengendalikan sampan yang mereka gunakan agar tak pecah, hanya saja pada saat kejadian mereka tak dapat menepi sehingga berada di tengah-tengah laut.

“Sampan yang mereka gunakan ini agak besar, sehingga bisa dikendalikan agar tidak pecah. Mereka ditemukan setelah berhasil dihubungi via telpon seluler dan memberitahu posisi mereka,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *