Lomba PHBS, Desa Terap Harumkan Nama Mempawah

  • Whatsapp
H Ismail, Sekda Mempawah
banner 468x60

LensaKalbar – Kabupaten Mempawah kembali menoreh prestasinya, kali ini datang dari Desa Terap, Kecamatan Toho. Dimana desa itu telah ditetapkan sebagai pemenang lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kategori kabupaten, tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2020.

Ditetapkannya Desa Terap itupun berdasarkan SK Gubernur Kalbar nomor: 880/KESRA/2020 tentang pemenang lomba penilaian kesatuan gerak pemebrdayaan dan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan.

Dalam penilaiannya, Desa Terap, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah mendapatkan nilai tertinggi 3.275 poin, kemudian disusul Desa Popay, Kecamatan Naga Ella, Melawi dengan skor 3.063 poin serta Desa Mekar Jaya, Kabupaten Sambas dengan nilai 3.057 poin.

“Ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam menerapkan PHBS di lingkungan masyarakat. Semua ini tidak lepas dari realisasi kebijakan Bupati Mempawah yang konsen di bidang kesehatan,” kata Sekda Mempawah, Ismail, Kamis (26/11/2020).

Menurut Sekda, keberhasilan Desa Terap, Kecamatan Toho sebagai juara pertama lomba PHBS tingkat Provinsi Kalbar tahun 2020 tak lepas dari kerjasama dan kekompakan seluruh OPD dan elemen masyarakat.

“Prestasi yang diraih pada lomba PHBS Provinsi Kalbar tahun 2020 ini tercapai berkat kekompakan dan kebersamaan semua pihak. Mulai dari Dinas Kesehatan, Camat, Kades dan seluruh stakeholder masyarakat Desa Terap yang telah berkomitmen merealisasikan program terpadu dan strategis,” ucapnya.

Kedepan, Sekda berharap keberhasilan penerapan program PHBS ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan. Tidak hanya di Desa Terap saja, melainkan seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Mempawah.

“Kita bertekad membumikan program PHBS diseluruh lingkungan masyarakat Kabupaten Mempawah secara terus menerus dan berkelanjutan hingga menjadi kebiasaan dan gaya hidup masyarakat,” harapnya.

Apalagi, sambung Sekda, penerapan PHBS sangat penting dimasa pandemi Covid-19. Sebab, masyarakat dituntut untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan guna menjaga diri dan lingkungan dari ancaman penularan virus Corona.

“Kita semua menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan PHBS yang baik dan benar. Mari jadikan PHBS sebagai gaya hidup,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *