Hidup Sehat dengan JKN-KIS

  • Whatsapp
Pepia Vektanti, Peserta PBPU/Mandiri Kelas II
banner 468x60

LensaKalbar – Pepia Vektanti merupakan salah satu dari ratusan juta orang yang telah merasakan manfaat sebagai pengguna kartu JKN-KIS. Dia yang telah terdafatr sebagai peserta JKN-KIS berpesan agar masyarakat tetap menjaga perilaku hidup sehat walaupun mempunyai Kartu JKN-KIS.

“Saya dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2017. Saya menyadari bahwa kita harus menjaminkan kesehatan kita tidak hanya pada waktu sakit, tetapi dalam kondisi sehat pun kita harus menjaminkan kesehatan kita, karena kita tidak tahu kapan sakit akan datang dan berapa biaya yang dikeluarkan selama pengobatan,” ujar Pepia saat ditemui tim Jamkesnews.

Selain itu, Pepia juga mengajak masyarakat agar tetap menjaga kesehatan salah satunya dengan cara rajin berolahraga. Dengan berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis, dan penyakit lainnya.

“Berolahraga bahkan bisa memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Otot membakar lebih banyak kalori dari pada lemak tubuh ketika sedang beristirahat,” katanya.

Pepia juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu, karena iuran yang dibayarkan dapat membantu sesama dalam hal pengobatan dengan sistem gotong royong.

“Iuran yang dibayarkan akan digunakan untuk membiayai peserta lain yang membutuhkan pada saat sakit, begitupun sebaliknya ketika kita sedang sakit, biaya pengobatan di rumah sakit akan ditanggung BPJS Kesehatan dari iuran peserta lainnya yang sehat. Tapi, yang paling penting untuk diingat juga bahwa peserta yang mendapat manfaat JKN-KIS harus menunaikan kewajibannya terlebih dahulu, di antaranya membayar iuran secara rutin setiap bulan. Peserta yang tidak membayar iuran, maka penjaminan kepada peserta secara otomatis akan dihentikan. Sementara Penjaminan akan aktif kembali setelah peserta melunasi tunggakan iuran pada bulan berjalan,” jelasnya.

Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan berdampak besar pada pelayanan kesehatan di Indonesia. Masyarakat akan semakin mudah mengakses pelayanan kesehatan dan tidak perlu takut menyambangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit karena BPJS Kesehatan akan melakukan penjaminan sesuai ketentuan yang berlaku. (Dex)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *