JKN-KIS Selamatkan Warga Pedalaman Sintang

  • Whatsapp
Ameng, Peserta JKN-KIS Segmen PBI
banner 468x60

LensaKalbar – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya dirasakan oleh Ameng (30), yang menderita penyakit usus buntu.

Ameng mengatakan bahwa sejak di diagnosa mengidap penyakit usus buntu ia dan keluarga merasa resah karena di tempatnya tinggal tidak ada rumah sakit hanya ada Puskesmas saja. Selain itu dengan diagnosa penyakit tersebut, bisa dipastikan biaya yang dikeluarkan akan cukup besar.

“Saya sangat khawatir dan hampir putus asa, karena saya tahu biaya yang yang akan dikeluarkan untuk pengobatan di Sintang pasti sangat mahal. Jangankan berobat, untuk biaya hidup seperti makan saja sudah tidak cukup, apalagi harus berobat keluar daerah,” ucap Ameng salah satu warga Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Kendati demikian, Ameng memperoleh kartu JKN-KIS dari Pemerintah Daerah melalui perangkat desa. Setelah beberapa kali berobat di Puskesmas tidah kunjung sembuh dan tidak ada perubahan. Akhirnya dengan bantuan warga dan petugas Puskesmas, Ameng pun dirujuk ke RSUD Ade M Djoen Sintang.

“Waktu itu, begitu sampai di Sintang langsung dioperasi. Selama tindakan sokter hingga perawatan saya menggunakan kartu JKN-KIS sehingga tidak diminta biaya sedikit pun. Saya berterima kasih sekali kepada BPJS Kesehatan karena Program JKN-KIS yang diselenggarakan berjalan dengan baik dan sangat membantu orang-orang yang membutuhkan seperti saya,” ungkap Ameng.

Menurut Ameng, Program JKN-KIS ini manfaatnya dapat dirasakan sampai ke pelosok daerah seperti tempat tinggalnya. Tak lupa ia juga mengimbau bagi peserta JKN-KIS yang masih diberi kesehatan selalu membayar iuran tepat waktu agar program ini dapat terus berjalan dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

“Harapannya sih Program JKN-KIS akan terus ada sampai kapanpun sehingga masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaat dari program tersebut. Kemudian, saya harap kepada peserta JKN-KIS untuk berkomitmen membayarkan iurannya tiap bulan, agar keberlangsungan Program JKN-KIS dapat terjaga,” pungkasnya. (Dex)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar