Pemkab Mempawah Berharap Masjid Agung Al-Falah Diresmikan Presiden Jokowi

  • Whatsapp
Masjid Agung Al-Falah

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah saat ini sedang menyusun jadwal peresmian Proyek Strategis Nasional, yakni Terminal Kijing di Sungai Kunyit. Rencananya proyek itu diresmikan langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Pemerintah setempat juga berharap pembagunan Masjid Agung Al-Falah Mempawah ikut diresmikan orang nomor satu di Republik Indonesian ini. “Jika Allah Ta’ala meridhoi, pembangunan Masjid Agung Al-Falah ini akan diresmikan Presiden RI, Joko Widodo yang dirangkai dengan kegiatan peresmian Proyek Strategis Nasional Terminal Kijing di Sungai Kunyit,” ungkap Bupati Mempawah, Hj Erlina.

Sejauh ini, kata Bupati, progres pembangunannya telah mencapai 90 persen. “Yang masih perlu dipoles adalah bagian interior masjid dan penataan kawasan halaman masjid saja,” katanya.

Masjid Agung Al-Falah terletak di Jalan Raden Kusno, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Meski pembangunannya baru berjalan 90 persen, namun keindahannya sudah memikat mata yang melihatnya.

Pembangunan Masjid Agung Al-Falah dimulai pada 24 Maret 2017 oleh Bupati Mempawah ketika itu, Ria Norsan, yang sekarang Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

Sebelumnya, bangunan lama Masjid Agung Al-Falah telah dirobohkan karena kondisinya yang sudah tua. Maka Pemkab Mempawah memutuskan untuk membangun baru masjid di atas tanah yang sama, dengan luas 48×48 meter persegi, sehingga bisa menampung 3.200 jemaah.

Tinggi menara 41,650 meter, tinggi lantai I sekitar 4 meter, tinggi lantai II 8 meter, tinggi kubah utama 12 meter dan tinggi permukaan lantai dari lantai eksisting 1,2 meter. Selain itu, masjid juga dilengkapi dengan tempat wudhu yang refresentatif, halaman parkir yang luas, taman dan air mancur. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *