Masyarakat Sintang Pawai Takbir di Atas Sungai

  • Whatsapp
PHBI dan Organisasi Masyarakat Islam di Kabupaten Sintang menyambut hari raya Idul Adha dengan pawai takbir di atas sungai, Kamis (30/7/2020)
banner 468x60

LensaKalbar – Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menyambut hari raya Idul Adha, salah satunya seperti yang dilakukan masyarakat Kabupaten Sintang. Dimana, proses “Pawai Takbir” dilakukan di atas air.

Kegiatan inipun diinisasikan langsung Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang dan seluruh Organisasi Masyarakat Islam di Kabupaten Sintang, Kamis (30/7/2020) malam.

Bupati Sintang, Jarot Winarno usai melepas peserta Pawai Takbir menyampaikan pesan dan hikmah dari Idul Adha. Menurutnya, Idul Adha adalah hari raya yang menekan rasa kepedulian sosial.

“Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah ini memiliki hikmah seperti menjalankan perintah berkurban, meneladani keikhlasan, kesabaran dan ketaatan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, kemudian merupakan refleksi dari ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Yang paling penting adalah mengunggah kepedulian sosial terhadap masyarakat kita yang serba kekurangan,” kata Bupati Jarot.

Setidaknnya dengan berkurban, kata Jarot, bisa membantu masyarakat yang membutuhkan, apalagi dikondisi saat ini yang sedang dilanda beragam bencana.

“Kita diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban, kemudian membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkanm. Hal ini semakin terasa mengingat situasi saat ini kita sedang dilanda bencana non-alam yakni Covid-19, dan baru saja kita dilanda bencana banjir, sehingga dengan inilah kita perhatikan masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Selain itu, Bupati Jarot bangga dengan kepedulian umat Islam di Kabupaten Sintang. “Sungguh membanggakan, saya cek di Masjid, surau-surau dan majelis-majelis banyak sekali hewan kurban yang siap disembelih. Ditambah lagi Gubernur Kalbar juga memberikan perhatian yang sangat besar untuk kita, karena ada tiga ekor sapi tang diberikan untuk Sintang. Jadi, inilah bentuk kepedulian sosial pemimpin,” ungkapnya.

Kemudian, Bupati Jarot tak lupa mengingatkan kepada seluruh peserta takbir dan masyarakat Sintang agar tetap menerapkan protokil kesehatan Covid-19.

“Apa yang kita lakukan pada saat ini untuk mengagungkan nama Allah SWT, bertakbir, menyemarakkan, serta menyongsong hari raya Idul Adha 1441 Hijriah dilaksanakan dengan khidmat dan sederhana tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *