Hanya 40 Menit, Warga Sintang Bisa Pastikan Positif atau Negatif Covid-19 Lewat Mobile Combat PCR

  • Whatsapp
Uji Swab dengan Mobile Combat PCR di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, kemarin

LensaKalbar – Dalam hitungan waktu 40 menit masyarakat Kabupaten Sintang sudah dapat mengetahui hasil positif atau negatif Covid-19. Pasalnya, Pemerintah setempat telah membeli sebuah Mobile Combat PCR Covid-19.

“Jadi, kalau ada warga hasil rapid test reaktif langsung kita swab. Kemudian kita lakukan proses uji laboratorium dengan Mobile Combat PCR ini. Hasilnya bisa langsung kita ketahui dalam waktu 40 menit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr Harrysinto Linoh, Senin (20/7/2020).

Adapun kelebihan Mobile Combat PCR ini, kata Sinto, dapat melakukan pemeriksaan sebanyak 500 swab dalam waktu satu hari.

“Tim sudah kita siapkan, dokter-dokter yang bertanggung jawab untuk swab ini juga sudah kita siapkan, kita berdoa mudah-mudahan tidak ada kendala,” ujarnya.

Dalam penggunaannya, kata Sinto, lebih diprioritaskan terhadap tracing kasus tang sudah dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk masyarakat yang atas keiginan sendiri untuk swab.

“Sementara ini kita gunakan untuk tracing masyarakat yang reaktif berdasarkan hasil rapid test. Kita harap Mobile Combat PCR ini dapat lebih mempercepat penghentian penyebaran covid-19 di Kabupaten Sintang. Untuk itulah ia meminta masyarakat tidak perlu takut jika di swab,” pungkasnya.

“Jadi, kita harus berani untuk memastikan diri kita aman, keluarga kita aman, dan lingkungan sekitar kita juga aman. Ayo kita berani swab untuk menghentikan penyebaran covid-19 di Kabupaten Sintang. Jangan kalah lawan corona,” tambah Sinto. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *