Sultan Sintang Adalah Sosok Pemersatu Anak Bangsa

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sintang, Askiman menerima gelar Pangeran Temenggung Muda Patih Suara yang diberikan langsung oleh Sultan Sintang, HRM Ikhsan Perdana Ismail Tsafioeddin pada 14 September 2017 silam

LensaKalbar – Wakil Bupati Sintang, Askiman menyampaikan duka cita atas meninggalnya Sultan Sintang, HRM Ikhsan Perdana Ismail Tsafioeddin yang bergelar Pengeran Ratu Sri Kusuma Negara V, Kamis (16/7/2020).

“Saya turut berduka cita atas wafatnya Sultan Sintang. Saya juga merasa merupakan bagian dari keluarga besar Keraton Sintang dengan telah menerima gelar Pangeran Temenggung Muda Patih Suara. Gelar kehormatan Kesultanan Sintang tersebut diberikan langsung oleh Sultan Sintang pada saat perayaan Haul penobatan Sultan Sintang yang ke-XI dan juga syukuran hari lahir Sultan Sintang yang ke 75 tahun di Keraton Istana Al-Mukarammah Sintang pada 14 September 2017 lalu,” ungkap Askiman.

Dimatanya, beliau adalah sosok tokoh pemersatu semua komponen anak bangsa di Kabupaten Sintang. “Saya ingat setiap ada kegiatan atau perayaan apapun yg dilakukan oleh semua suku dan agama di Sintang ini, sepanjang beliau diundang pasti beliau hadir. Beliau juga sangat enak jika diajak diskusi tentang sejarah, kebudayaan, dan masa peradaban Kerajaan Sintang. Selama mengenal beliau, saya belum pernah terdengar bahasa-bahasa keras ataupun bahasa kasar. Begitu juga jika menerima sahabat atau tamu selalu di terima dengan senyum yang penuh dengan persahabatan,” cerita Askiman.

Walau demikian, Wabup Askiman berharap pengalaman yang beliau miliki dapat menjadi inspirasi baru bagi kita dalam menentukan arah kebijakan dan mengambil keputusan yang bisa diterima oleh semua pihak.

“Semoga keluarga besar Keraton Sintang diberikan ketabahan dalam menghadapi suasana duka dan rasa kehilangan ini. Selamat Jalan Sultan…..pintu surga telah terbuka bagimu. Perjuanganmu untuk mempersatukan seluruh anak bangsa di Sintang ini akan kami teruskan,” ucap Askiman.

Almarhum Sultan Sintang, H.R.M Ikhsan Perdana Ismail Tsafioeddin yang bergelar Pengeran Ratu Sri Kusuma Negara V dikebumikan di Komplek Pemakaman Raja-Raja Sintang, Jalan Cik Ditiro, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Kamis (16/7/2020) siang, ba’da Dzuhur.

Sebelum dikebumikan, almarhum di shalatkan di Masjid Jami’ Sultan Nata Sintang, Komplek Keraton Al Mukarramah Sintang. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *