Forum Informasi Perbankan, Solusi bagi UMKM

  • Whatsapp

LensaKalbar – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bekerjasama dengan Bank Indonesia menggelar Forum Informasi Perbankan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gedung UMKM Center, Selasa (7/7/2020).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menilai digelarnya forum tersebut merupakan hal yang tepat di tengah pandemi Covid-19. “Ini kegiatan produktif sejak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, dalam forum ini para peserta akan memperoleh informasi bagaimana bangkit kembali dalam adaptasi kehidupan baru. Selain itu, dalam forum ini juga membahas permasalahan-permasalahan yang kerap dihadapi para pelaku UMKM, seperti kredit, permodalan, produksi dan pembayaran.

“Di forum ini juga dibahas pengaktifan kembali inkubator bisnis untuk pelaku usaha,” sebutnya.

Ditambahkannya, pelaku usaha akan diberikan kemudahan dalam proses perbankan karena UMKM bisa menjadi indikator pertumbuhan ekonomi makro.

Edi menyebut, tidak semua pelaku usaha mengalami kredit macet. Namun ada sebagian debitur merasa kesulitan dalam mencicil. “Sehingga dalam forum ini akan diberikan informasi dan bimbingan dalam upaya pengelolaan pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Edi menuturkan, Pemkot Pontianak akan memfasilitasi dan memberikan kegiatan yang berdampak pada tumbuhnya UMKM seperti expo, festival dan lainnya di era new normal dengan protokol kesehatan. Pihaknya akan melihat perkembangan pandemi Covid-19. Bila ada kluster baru, tentu akan dilakukan pembatasan.

“Tidak sporadis seperti normal sebelum Covid-19, akan tetapi kita lakukan sesuai kewaspadaan pandemi,” pungkasnya. (LK1/jim/prokopim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *