Bantu UMKM Terdampak Covid-19, ASN Diminta Belanja di Warung Tetangga

  • Whatsapp
Hj Erlina, Bupati Mempawah
banner 468x60

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina meminta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Imbauan dengan surat bernomor: 518/2602/DPMKUKMPTSP – C itu tertanggal 18 Mei 2020.

Surat ini ditujukan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk berbelanja di warung atau kios milik tetangga masing-masing.

Surat Imbauan (ist)

Pasalnya, Bupati Erlina mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Wabah Covid-19 begitu merugikan pelaku UMKM. Produksi dan pendapatan menurun drastis, apalagi saat ini pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah.

“Padahal pendapatan mereka tergantung dari lalu lintas dan pergerakan masyarakat kita. Untuk itulah, saya mengeluarkan kebijakan untuk seluruh ASN Mempawah wajib membeli barang atau belanja di warung dekat rumahnya,” ucapnya kepada awak media di Kantor Bupati Mempawah, Jumat (29/5/2020).

Dengan begitu, kata Bupati, ASN memiliki peran penting dalam memutar roda perekonomian masyarakat, bahkan dapat membantu perekonomian negara.

“Bayangkan saja ASN yang memiliki penghasilan tetap apabila berbelanja ke warung tetangga, maka dapat dipastikan usaha mereka tetap berjalan. Tentunya pelaku UMKM tersebut tetap dapat menghidupi dan memenuhi kebutuhan keluarganya, dan anak mereka tetap bisa sekolah dan sebagainya,” ungkapnya.

Bupati Erlina tidak menampik bahwasannya banyak pelaku usaha khususnya UMKM yang terpukul dampak ekonomi dari Covid-19. Bahkan, usaha mereka hampir tutup. Karena itu, ASN harus memliki peran untuk membantu roda perekonomian pelaku UMKM di Kabupaten Mempawah.

“Saat ini tenaga medis kita sudah jadi garda terdepan dalam penanganan Pasien Covid-19, maka ASN juga kita jadikan Garda terdepan dalam perputaran roda perekonomian kerakyatan di Kabupaten Mempawah,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *