Minta Lurah Verifikasi Data Warga Miskin

  • Whatsapp

LensaKalbar – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta para lurah melakukan musyawarah kelurahan untuk menentukan dan memverifikasi data penduduk miskin. Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), jumlah penduduk miskin 24.668 Kepala Keluarga (KK).

“Sementara data dari Bappeda Kota Pontianak berdasarkan survei tahun 2017 jumlah penduduk miskin 29.171 jiwa atau setara 8.400 KK,” sebutnya.

Namun diakuinya, masih banyak laporan penerimaan bantuan yang tidak tepat sasaran. Misalnya warga yang sudah mampu tetapi masih menerima bantuan, kemudian ada yang sudah meninggal atau pindah tempat tinggal.

Untuk itu, dirinya meminta para Ketua RT/RW membantu mendata warga di wilayahnya supaya data itu benar dan valid, baik itu warga miskin yang lama atau baru.

“Mungkin yang tadinya rentan miskin menjadi miskin supaya benar-benar tepat sasaran,” ungkapnya usai menyerahkan bantuan transportasi secara simbolis bagi guru ngaji, petugas fardhu kifayah, posyandu dan RT/RW di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, dampak pandemi Covid-19 ini tentunya jumlah penduduk miskin kian bertambah, termasuk jumlah pengangguran dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Untuk itu, pihaknya terus melakukan pendataan.

“Sejauh ini bantuanb beras yang sudah kita salurkan kepada warga Kota Pontianak mendekati 70.000 KK,” pungkasnya. (LK/jim/prokopim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *