Ketua Dewan Sintang Ajak Rakyatnya Manfaatkan Mobile JKN di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Florensius Ronny, Ketua DPRD Sintang
banner 468x60

LensaKalbar – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny  menyambut baik langkah yang diambil Badan Penyelenggara Kesehatan Sosial (BPJS)  di tengah wabah virus Corona atau Covid-19.

Ronny menyatakan apresiasinya terhadap komitmen yang diberikan bagi peserta JKN-KIS melalui  kemudahan layanan di Mobile JKN.

Olehkarenanya, Ronny meminta agar inovasi digital itu dimanfaatkan secara maksimal. “Intervensi digital sangat membantu peserta JKN untuk dapat pelayanan yang lebih baik. Mengatasi semua problem penumpukan waktu antrean di daftar tunggu. Saya pikir ini bagus untuk dikembangkan dalam rangka membantu masyarakat dan peserta JKN,” kata Florensius Ronny saat dihubungi LensaKalbar.co.id, Sabtu (25/4/2020).

Menurut Ronny, dengan Mobile JKN sendiri akan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan. Seseorang hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapat nomor tanpa mengantre, sehingga dapat memperkirakan waktu kedatangan, sekaligus meminimalisir resiko tertular atau terpapar virus Corona atau Covid-19 yang sedang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat saat ini. 

Selain itu, peserta dapat menuliskan keluhan yang dirasakan saat mendaftar, sehingga FKTP langsung mendapat informasi kondisi sejak awal. “Jika menunggu terlalu lama di faskes akan berpeluang terpapar atau tertular penyakit,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Ronny, juga mengingatkan FKTP terkait untuk meningkatkan kompetensi dalam menjalankan program promotif dan preventif. 

“Lewat JKN ini ada program-program promotif preventif, misalnya melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Itu akan membantu supaya resiko untuk menjadi penyakit tidak menular (PTM) bisa dikurangi,” katanya.

Ronny menambahkan, program-program itu harus dimitigasi agar perbaikan yang diperlukan dapat segera dilakukan. Karena itu, Ronny mengajak bagi peserta JKN-KIS untuk mendownload aplikasi Mobile JKN yang telah tersedia di play store masing-masing smartphone.

Ajakan Ronny bukan tanpa alasan. Pasalnya orang nomor satu di gedung DPRD Sintang itu menyakini bahwa aplikasi Mobile JKN sangat membantu peserta JKN-KIS, karena banyak kemudahan-kemudahan yang disediakan. 

“Aplikasi ini yang wajib ada di smartphone. Terasa sekali manfaatnya, fiturnya saya perhatikan juga terus di-update memenuhi kebutuhan peserta, apalagi dengan anjuran untuk tetap di rumah aplikasi Mobile JKN benar-benar dapat memberikan solusi untuk peserta JKN-KIS,” ajaknya.

Selain itu, Ronny mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Sintang agar tetap mengikuti anjuran dan himbauan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terkait menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Senentang. 

Langkah pertama yang harus diamalkan masyarakat adalah dengan menerapkan prilaku hidup bersih dah sehat. Caranya dengan rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas. Kedua mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dan ketiga berolahraga rutin di pagi hari agar imunitas tubuh tetap terjaga.

“Dan yang paling penting di tengah wabah Covid-19 ini adalah tetap mengukuti anjuran pemerintah dengan tetap menerapakan social distancing dan physical distancing,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *