Pasien Positif Covid-19 yang Diisolasi di RSUD Rubini, Ternyata Masuk Kategori OTG

  • Whatsapp
Ruang isolasi RSUD Dr Rubini Mempawah (ist)

LensaKalbar – Hingga Kamis (23/4/2020), kondisi kesehatan seorang warga asal Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah yang positif Covid-19 dalam keadaan sehat dan tidak menunjukan gejala Covid-19 seperti batuk, demam serta sesak nafas.

“Sampai hari ini kondisi kesehatan dalam keadaan sehat. Nah, inilah yang namanya orang tanpa gejala (OTG). Ternyata, OTG positif covid-19 ini tidak menunjukan gejala, tetapi membawa virus di dalam badannya. Karena mungkin daya tahan tubuhnya kuat dan tidak ada penyakit penyerta sehingga yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan tanpa keluhan lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehetan Mempawah, Jamiril kepada sejumlah awak media.

Namun, yang menjadi kekhawatirnya dalam penyebaran virus mematikan ini adalah orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes, ispa, dan jantung.

“Riwayat penyakit bawaan ini rentan tertular, karena penyakit bawaan ini dapat membuat kondisi seorang yang terpapar covid-19 menjadi lemah. Tapi untuk pasien asal segedong yang kita isolasi masih dalam keadaan sehat tanpa keluhan,” ujarnya.

Karena itu, Jamiril memastikan warga asal Kecamatan Segdong itu tetap dirawat di ruang isolasi RSUD Rubini Mempawah, meskipun statusnya telah dinyatakan positif Covid-19.

“Dia (positif) tetap kita lakukan perawatan di RSUD Rubini, tidak dirumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk pemerintah. Kecuali memang peralatan medis kita tidak mencukupi dan yang bersangkutan sakit dan harus dirawat di rumah sakit yang lengkap, baru lah kita rujuk ke RSUD Soedarso. Tapi dalam kondisi sekarang tetap di Rubini, karena memang tidak sakit dan kondisinya masih sehat,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan rapid test terhadap seluruh anggota keluarga pasien positif Covid-19. “Yang jelas 8 orang yang ada di dalam rumahnya akan dilakukan rapid test,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *