Jangan Takut dan Segan untuk Melaporkan Orang yang Datang ke Sintang

  • Whatsapp
Tuah Mangasih, Anggota DPRD Sintang
banner 468x60

LensaKalbar – Beredar kabar Kabupaten Sintang kedatangan mahasiswa dan orang luar dari wilayah yang sudah terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Parahnya, tidak melaporkan diri ke Posko Covid-19 di Dinas Kesehatan.

Ihwal tersebut sangat disayangkan anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih, kemarin.

Menurut Tuah, sesuai dengan protokol penanganan Covid-19, wajib bagi setiap orang melaporkan diri ke Posko Covid-19 yang sudah dibentuk Dinas Kesehatan Sintang. Apalagi riwayat perjalananya berasal dari wilayah yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sungguh sangat disayangkan kalau memang benar banyak mahasiswa atau orang-orang yang datang dari luar terutama dari daerah yang kasus covid-nya sudah banyak, tapi tidak melaporkan diri masuk ke Sintang,” kesal Tuah Mangasih.

Karena itu, Tuah mengajak masyarakat agar tidak takut dan segan untuk memberikan informasi kepada Tim Gugus Tugas Covid-19, apabila mengetahui adanya orang baru namun tidak melaporkan dirinya kepada petugas.

“Jangan segan-segan bila kita tahu bahwa ada orang yang baru datang dari luar daerah. Informasikan hal itu kepada petugas covid-19 setempat atau minta kepada yang bersangkutan untuk segera melaporkan diri ke call centre posko atau ke petugas di desa-nya masing-masing,” sarannya.

Selain itu, Tuah kembali kembali mengingatkan masyarakat untuk mematuhi semua imbauan yang telah disampaikan oleh pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid 19 di Bumi Senentang. Begitupun pemerintah diharapkan agar semakin gencar memberikan himbauannya kepada masyarakay terkait langkah dan upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat ini.

“Pemerintah jangan lelah untuk mengingatkan masyarakat agar melaporkan diri. Pastikan kesehatan setiap orang baru datang dalam keadaan sehat, tapi jika ada gejala lain, segara mungkin ambil tindakan sesuai prosedur penanganan covid-19,” tegasnya.

Menurut Tuah, untuk menekan penyebaran virus ini, tidak hanya dilakukan pemerintah saja, tapi dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak, termasuk masyarakat itu sendiri.

“Saat seperti ini kita sangat dituntut untuk berperan aktif, ini demi kemaslahatan bersama,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *