Desa Diharapkan Bisa Inovasi Lintas Sektor

  • Whatsapp
Anggota Komisi B DPRD Sintang, Kusnadi

LensaKalbar – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kusnadi menyarankan agar desa dapat berinovasi melalui lintas sektor yang ada. Pasalnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, umumnya usulan yang disampaikan sebagian besar adalah terkait dengan infrastruktur.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi dari berbagai sektor, baik pendidikan, kesehatan, pertanian, industri, dan lainnya.

Karena itu, dirinya berharap agar desa dapat memanfaatkan potensi dari sektor-sektor yang ada dan bisa mengembangkannya untuk meningkatkan perekonomian yang ada di desa.

“Kita mendorong desa untuk berinovasi sebagaimana agar dapat meningkatkan perkonomeian masyarakat di pedesaan,” kata Kusnadi, Selasa (7/4/2020).

Menurut Kusnadi, melalui dana desa setidaknya ada terobosan yang sudah dimulai oleh desa, baik itu terkait dengan industri, pertanian, dan pariwisata.

“Pemerintah juga melalui OPD terkait bisa memberikan suport sehingga apa yang sudah dimulai desa juga bisa berkelanjutan dengan baik,” katanya.

Politisi Partai PKB ini mengatakan, banyak persoalan di desa yang saat ini memerlukan dukungan dari pemerintah daerah, di antaranya terkait dengan pertambangan tanpa izin. Akibat hal tersebut juga masyarakat mengalami kesulitan sehingga pihak desa harus melakukan terobosan yang diakomodasi dana desa dan sebagainya.

Dengan adanya dukungan pemerintah dalam berbagai hal tersebut, harapannya setiap persoalan di desa dalam rangka meningkatkan perekonomian dapat diatasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang baik dan berkelanjutan. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *