DPRD Minta Desa Hingga RT/RW Aktif Bantu Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Welbertus, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mendorong pemerintah desa, kelurahan hingga tingkat RT/RW untuk terus aktif membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan pencegahan dan antisifasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Karena itu, anggota DPRD Sintang, Welbertus menilai peran pemerintah desa dan masyarakatnya atau kelurahan hingga ke tingkat RT/RW dinilai sangat strategis dalam membantu pemerintah untuk terus mensosialisasikan bahaya wabah virus Corona kepada masyarakat secara langsung.

“Kepala desa beserta perangkatnya bisa membentuk relawan Covid-19 tingkat desa untuk menimalisir tingkat penyebaran virus Corona melalui pengawasan dan penjagaan terhadap pintu keluar masuk desa. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah yang saat ini tengah perang melawan wabah yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarrakat,” kata Welbertus, Sabtu (4/4/2020).

Politisi Partai PDI Perjuangan ini berharap kepala desa hingga RT/RW agar dapat terus proaktif dalam memberikan informasi kepada warganya atas bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 tersebut.

“Mengingat kepala secara khusus pastinya mengetahui kultur wilayah desanya, dimana aktivitas masyarakatnya biasa dilakukan. Dengan demikian penyampaian informasi terkait Covid-19 bisa tersampaikan secara langsung,” ujarnya.

Welberus mengatakan, upaya pemerintah dalam penanggulangan pencegahan Covid-19 akan lebih maksimal jika selalu didampingi peran serta dari aparat desa. Karena desa memiliki peran yang sangat penting dalam penanganan dampak akibat wabah Covid-19 ini.

“Penanggulangan penyebaran ataupun memutus mata rantai Covid-19 ini, desa lebih memahami tentang keadaan masyarakatnya. Keterlibatan warga desa untuk percepatan penanggulangan Covid-19 ini sangat dibutuhkan sekali,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *