Beranda Mempawah Realokasikan Rp11,5 Miliar untuk Tangani Covid-19 di Mempawah, Erlina: Keselamatan dan Kesehatan...

Realokasikan Rp11,5 Miliar untuk Tangani Covid-19 di Mempawah, Erlina: Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat Prioritas Utama

Bupati Mempawah, Hj Erlina didampingi Sekda Mempawah, H Ismail

LensaKalbar – Pemerintah Kabupaten Mempawah merealokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020 sebanyak Rp11,5 miliar untuk pencegahan dan penanganan virus Corona atau Covid-19.

Realokasi tersebut merupakan hasil pemangkasan dari berbagai kegiatan yang ada di masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Realokasi APBD tersebut juga sesuai Peraturan Mendagri 20/2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah yang diterbitkan pemerintah pusat untuk membantu daerah menangani masalah Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Mempawah, H Ismail mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Mempawah telah melakukan realokasi APBD 2020 sebesar Rp11,5 miliar. Dana itu diperuntukan penanganan Covid-19.

Teknisnya, kata Sekda, dana tersebut akan diberikan kepada tim gugus tugas Covid-19 Mempawah. “Jadi, apa saja peruntukan dana Rp11,5 miliar itu, kita serahkan kepada gugus tugas covid-19. Tentunya diperuntukan untuk beberapa bidang yang masuk prioritas dalam penanganan wabah ini,” ujar Sekda, Kamis (2/4/2020).

Bupati Mempawah, Hj Erlina mengatakan bahwa Pemkab Mempawah telah menyediakan dana Rp11,5 miliar untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mempawah. Dana ini bersumber dari pengalihan kegiatan di OPD Kabupaten Mempawah yang tidak dapat dilaksanakan akibat terjadinya wabah Covid-19 ini.

“Kami telah menyisir seluruh kegiatan di OPD, kegiatan yang tidak dapat terlaksana dan sifatnya tidak urgent dan tidak berdampak kepada masyarakat kami alihkan untuk penanganan covid-19 ini. Sehingga dana pengalihan ditambah dengan dana tidak terduga terkumpul sebanyak 11,5 miliar. Ini upaya kami untuk melindungi masyarakat Kabupaten Mempawah,” kata Bupati Erlina.

“Bagi kami keselamatan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Mempawah prioritas utama saat ini,” tambahnya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here