Warga Sungai Purun Kecil Temukan Buaya Rawa Sepanjang 2 Meter

  • Whatsapp
Penemuan buaya rawa di Desa Sungai Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Minggu (29/3/2020) (ist)
banner 468x60

LensaKalbar – Warga Desa Sungai Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, dikagetkan dengan penemuan seekor buaya berukuran 2 meter dengan berat 50 kilogram.

Seekor buaya berjenis kelamin perempuan (betina) itu pertama kali ditemukan oleh Heri (35) dan Nanda (30) warga Desa Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh di lokasi bekas tambak udang milik PT Bumi Raya, Dusun Nikmat, Desa Purun Kecil, Minggu (29/3/2020) pukul 10.30 WIB.

“Ya, benar ada warga yang menenukan seekor buaya rawa, panjangnya 2 meter dengan berat 50 kilogram,” kata Paur Humas Polres Mempawah, Ipda Lidwina.

Menurut Lidwina, pada pukul 10.30 WIB, pihak kepolisian mendapatkan informasi bahwa ada warga mengamankan seekor buaya rawa. Mendapat informasi tersebut, pihak kepolisian langsung mendatangi lokasi penemuan buaya itu.

Tiba dilokasi, lanjut Lidwina, ternyata informasi yang diterima benar adanya. Buaya rawa itu ternyata pertama kalinya ditemukan oleh Heri dan Nanda yang merupakan warga setempat.

“Saat ini, buaya rawa itu kita amankan di Polsek Sungai Pinyuh, rencanannya akan kita serahkan ke BKSDA,” jelas Lidwina.

Berdasarkan hasil keterangan warga setempat, ungkap Lidwina, tidak ada yang mengetahui asal usul buaya tersebut. Sebab baru kali pertamanya buaya itu menampakan diri.

“Apakah buaya tersebut sengaja di pelihara atau berasal dari alam bebas masih belum diketahui, tapi sejak ditangkapnya buaya tersebut tidak ada menelan korban jiwa akibat dimangsa buaya. Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada buaya rawa lain berada di lokasi penemuan,” ungkapnya.

Walau demikian, Lidwina menghimbau kepada warga setempat untuk berhati-hati khususnya kepada anak-anak agar menjauh lokasi penemuan buaya rawa itu.

“Jangan bermain atau mandi di bekas lokasi tambak tersebut,” pungkas Lidwina. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *