BPJS Bagaikan Malaikat Kesehatan

  • Whatsapp
Sundari peserta JKN-KIS

LensaKalbar – Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi masyarakat.

Salah satunya diakui Sundari, warga Masuka Pantai, Kecamatan Sintang. Dia mengaku sangat beruntung menjadi peserta JKN-KIS yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Kesehatan saya dan keluarga telah dijamin oleh program JKN-KIS, saya sangat beruntung memegang kartu JKN-KIS, karena saya tidak perlu khawatir lagi akan biaya pelayanan kesehatan jika sewaktu-waktu diperlukan,’ ungkapnya kepada Lensakalbar.co.id, Rabu (18/3/2020).

Biaya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan saat ini, menurut dia, tidaklah murah. Namun dengan adanya program JKN-KIS kekhawatirannya akan tingginya biaya pelayanan kesehatan dapat teratasi pasalnya program JKN-KIS dapat membiayai segala jenis penyakit tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Kalau sesuai sesuai prosedur dan aturan yang berlaku, maka pelayanan kita dengan mudahnya mendapatkan pelayanan dari program JKN-KIS,” ceritanya.

Sundari pun menambahkan,menjadi peserta JKN-KIS tidak ada ruginya. “Sebagai peserta JKN-KIS sangat membanggakan. Karena, selain kesehatan saya dan keluarga dijamin oleh program JKN-KIS, saya dapat berkontribusi ikut serta menyehatkan peserta lain yang sedang sakit melalui iuran rutin saya setiap bulan, bahagianya bisa membantu sesama,” tuturnya sambil tersenyum.

Olehkarenanya, dia mengapresiasi program JKN-KIS ini. “Saya sangat apresiasi dengan adanya program JKN-KIS, karena menurut saya program ini sangat membantu masyarakat terutama masyarakat dari kalangan menengah ke bawah,” katanya.

Hal tersebut, kata dia, akan sangat dirasakan bagi masyarakat yang benar-benar memiliki kekurangan di dalam pembiayaan. Maka dari itu banggalah menjadi peserta yang rutin membayar iuran, namun jarang atau belum pernah menggunakannya.

“Berarti kita sekeluarga dalam keadaan sehat dan iuran yang kita bayarkan setiap bulan dapat membantu peserta lain yang sedang sakit, luar biasa bangganya bisa menjadi pahlawan bagi sesama, karena sekecil apapun yang dapat kita berikan kepada orang lain. Itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan itu akan tercatat sebagai amal ibadah kita sebagai umat manusia,” ucapnya.

Karena itu, Ia pun menaruh harapan besar terhadap program JKN-KIS. “Saya berharap program JKN-KIS tetap ada di negara Indonesia, karena jika tidak ada program JKN-KIS, kemana lagi masyarakat mencari perlindungan jaminan kesehatan jika nanti sakit. Kalau dipikir-pikir bila sakit nanti dan harus dengan biaya sendiri, saya rasa banyak masyarakat yang tidak mampu untuk mengatasi hal tersebut,” katanya.

Bahkan, dia menilai, Program JKN-KIS bagaikan malaikat kesehatan bagi banyak nyawa manusia. Berkat program JKN-KIS, sudah tentunya banyak masyarakat tertolong.

“Begitu besar kontribusi program JKN-KIS dalam menyejahterakan masyarakat khususnya dalam hal kesehatan. Untuk itu, saya sangat berharap dukungan dari berbagai pihak dalam mempertahankan keberlangsungan program JKN-KIS, di antaranya dukungan dari pemerintah, fasilitas kesehatan agar tetap memberikan pelayanan dengan baik kepada peserta JKN-KIS, dan tentunya dukungan dari masyarakat agar rutin membayar iuran setiap bulannya,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *