Suara Rakyat Adalah Suara Tuhan

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno saat menghadiri launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang pada tahun 2020, Sabtu (14/3/2020) malam

LensaKalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa penyelenggaraan demokrasi di Indonesia semakin hari semakin baik dan terus bergerak maju.

“Demokrasi kita ini luar biasa, Indonesia terus bergerak menjadi 5 besar Negara demokratis di Indonesia seiring berjalan, penyelenggaraan pun semakin hari semakin baik, karena ada empat faktor utama, pertama Negara yang menjamin penyelenggaraan demokrasi ini adil dan netral, kedua adalah penyelenggaranya yang netral dan adil, ketiga adalah masyarakatnya yang paham dengan literasi politik bisa menggunakan hak untuk menentukan masa depan daerahnya, dan keempat ialah partai-partai politiknya”, kata Jarot, saat menghadiri launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang pada tahun 2020, Sabtu (14/3/2020) malam.

Perlu diketahui, kata Bupati Sintang, bahwa Indonesia memiliki tolak ukur dalam penyelenggaraan demokrasi dan berharap agar demokrasi kedepannya lebi berkualitas.

“Indonesia sedikit lebih maju, kita punya tolak ukur demokrasi namanya Indeks Demokrasi Indonesia, didalamnya ada beberapa variabel dan indikator yang dinilai, saat ini kita memasuki nilai demokrasi yang baik, dimana penyelenggaraan pemilu selalu mendapatkan nilai baik, Pemda dan Parpol selalu mendapat nilai kurang baik, sehingga kita semuanya ingin memperbaiki nilai tersebut, baik itu Negara, Pemda, Penyelenggara dan Parpol harus lebih baik lagi, agar mendapatkan demokrasi yang berkualitas di Negara kita ini,” sambungnya.

Karena itu, Bupati Sintang berharap agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Sintang tanpa adanya intimidasi dan kecurangan.

“Vox Populi Vox Dei atau suara rakyat adalah suara Tuhan. Suara rakyat yang tidak direduksi oleh berita bohong (hoax), tidak diintimidasi, tidak melakukan kecurangan, dan tidak berperilaku yang tidak adil, itulah disebut suara Tuhan,” tegasnya.

Olehkarenanya, Bupati mengajak bersama-sama menjaga agar suara rakyat Sintang adalah suara Tuhan.

“Kini saatnya mandat rakyat diberikan pada Pilkada serentak, dengan jaminan penyelenggaraan yang sebaik-baiknya, agar kualitas demokrasi semakin baik, serta tidak lupa pula Sintang harus aman, damai, dengan didukung oleh semua pihak yang ada,” tuturnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang, Hazizah menjelaskan kegiatan launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang pada tahun 2020.

“Kita selenggarakan kegiatan ini sebagai tanda dimulainya tahapan pemilihan penyelenggaraan Pilkada, dengan harapan dapat terlaksana dengan baik, serta mempererat tali silaturahmi di antara kita,” katanya.

Hazizah berharap dengan adanya launching ini, masyarakat dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Sintang.

“Kepada masyarakat secara luas, kami berharap dapat berperan aktif dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 di Sintang, serta mendukung proses ini secara baik,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *