Dewan Minta Perusahaan Serap Tenaga Kerja Lokal

  • Whatsapp
Zulherman, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Setakat ini, investor begitu banyak melirik Kabupaten Sintang. Ada yang menilai kabupaten itu bakal menjadi pusat perdagangan dan jasa. Mengingat wacana pemekaran kapuas raya sudah di depan mata.

Bahkan belakangan ini, sejumlah investasi sudah tertanam di kabupaten itu, mulai dari perhotelan, pusat perbelanjaan, perkebunan, dan lainnya.

Banyaknya investasi yang masuk ini diharapan bisa menyerap tenaga kerja, terutama tenaga kerja lokal. Hal ini menjadi perhatian serius anggota DPRD Sintang, Zulherman.

Dia meminta investor yang menanamkan modalnya untuk mengutamakan tenaga kerja lokal. Hal ini menurutnya untuk mengurangi angka pengangguran.

“Perusahaan yang berinvestasi di Bumi Senentang untuk merangkul putra daerah sebagai pekerja. Ini dalam upaya meminimalisir tingkat pengangguran,” ujar Zulherman.

Rerata, ungkap Zulherman, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sintang bergerak di bidang perkebunan. Contoh, di daerah pemilihan (Dapil) 2 yang meliputi, Kecamatan Binjai Hulu, Ketungau Hilir, Ketungau Tengah, dan Ketungau Hulu.

“Empat kecamatan itu di isi dengan perkebunan sawit. Untuk itu, saya minta agar partisipasi pembangunan oleh perusahaan perkebunan yang beroperasi di Sintang dapat diperbanyak dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia Sintang. Yang paling penting lagi adalah mereka kita harapkan dapat mempekerjakan tenaga kerja lokal kita,” katanya.

Selain itu, Zulherman juga meminta kepada instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap jumlah tenaga kerja dan pengangguran yang ada di Kabupaten Sintang. Dengan adanya data yang valid, setiap perusahaan swasta yang ingin berinvesatsi bisa langsung mengakomodir pekerja sesuai dengan data yang dimiliki pemerintah.

“Harus ada sinkronisasi dan data yang valid. Kalau ada perusahaan yang masuk, kita sudah memiliki data, tinggal merangkul saja,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *