Manfaatkan Dana Desa untuk Kepentingan Masyarakat

  • Whatsapp
Rudi Andryas, Anggota DPRD Sintang

LensaKalbar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Rudi Andryas mengingatkan 33 kepala desa yang ada di Kecamatan Ambalau agar dapat menggunakan dana desanya lebih terarah dan tepat sasarannya, terutama membangun wilayahnya masing-masing.

“Manfaatkan dana desa untuk membangun wilayahnya masing-masing. Utamakan pembangunan yang langsung dapat dirasakan masyarakat,” kata Rudi Andryas, kemarin.

Menurut Rudi Andryas, dana desa yang diterima pemerintah desa saat ini begitu besar. Karena itu, realisasi dari anggaran dana desa diharapkan dapat terarah sesuai dengan peruntukannya.

“Untuk pembangunan desa yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Mudah-mudahan berbagai persoalan dasar yang dihadapi pemerintah desa mendapat solusinya,” ungkap Rudi Andryas.

Belum lama ini, Rudi Andryas mengaku bahwa dia dan rekan Komisi A DPRD Sintang lainnya telah mengadakan pertemuan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) dan Inspektorat Kabupaten Sintang. Berbagai persoalan desa dibahas. Selain soal anggaran dana desa, pihaknya juga menekankan agar dana desa tidak disalahgunakan, sehingga masyarakat dapat merasakan pembangunannya.

“Kita di Komisi A juga sudah bertemu dengan mitra dinas kita. Tentu harapan kita kedepan anggaran yang sampai ke desa itu benar-benar digunakan sebaik-baiknya. Ingat! Jangan disalahgunakan, tapi besaran dana desa yang diterima digunakan untuk membangun, terutama di wilayahnya masing-masing,” harapnya.

Camat Ambalau, Iskandar menngaku bahwa wilayah yang dipimpinnya secara administratif dibagi dalam 33 desa dan 84 dusun. Dengan luas daerah mencapai 29,58 persen dari total luas wilayah Kabupaten Sintang.

Rerata, ungkap Iskandar, pemerintahan desa masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan untuk menghubungkan antar dusun.

“Kami masih mengharapkan prioritas untuk pembangunan infrastruktur dasar. Kami tetap optimis para pemimpin daerah di tingkat kabupaten akan memperhatikan kami, termasuk para wakil rakyat di DPRD,” pungkas Iskandar. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *