Kubu Raya Gratiskan Pemeriksan USG untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
Foto:Humpro

LensaKalbar – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan bahwa di era pemerintahannya begitu komitmen dalam menekan angka kematian ibu, bayi, balita, dan angka stunting.

Karena itu, Bupati Muda meminta para ibu hamil untuk disiplin memeriksakan kehamilan dengan alat ultrasonografi (USG) yang dimiliki puskesmas kecamatan.

“Semua ibu hamil di Kubu Raya harus memeriksakan kehamilannya dengan USG yang kini telah tersedia di 20 puskesmas. Pemeriksaannya gratis, tidak ada biaya sepeserpun,” kata Muda.

Muda mengatakan, dengan tersedianya USG portabel di seluruh puskesmas kecamatan, maka segala hal yang berkaitan dengan kehamilan termasuk kondisi bayi dalam kandungan dapat diketahui sejak awal. Sebab USG memiliki akurasi tinggi dalam pemeriksaan, sehingga kondisi kesehatan calon bayi dapat dideteksi.

“Mulai panjang, berat, usia kehamilan, hingga prediksi tanggal kelahiran. Bahkan detak jantung pun bisa jelas termasuk posisi tubuh calon bayi,” ujarnya.

Muda mengaku gembira menyaksikan antusiasme para ibu hamil saat memeriksakan kehamilan dengan USG. Sebab pemeriksaan USG sangat penting untuk mengetahui secara jelas kondisi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Dengan begitu, indikasi stunting dan risiko-risiko lainnya termasuk kematian ibu dan bayi dapat ditekan.

“Inilah potret keseriusan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengejar standar pelayanan minimal atau SPM dan peningkatan derajat kesehatan rakyat,” jelasnya.

Sumber daya manusia berkualitas, lanjut Muda,  berhulu pada seribu hari pertama kehidupan. Yakni dari bayi dalam kandungan sampai lahir dan proses tumbuh. “Karena semua problem berawal dari persoalan sumber daya manusia, dan itu dimulai dari anak dalam kandungan,” pungkasnya. (LK-01/Rio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *