Kado Awal Tahun 2020, Pemkab Mempawah Sabet Dua Penghargaan

  • Whatsapp
Deputi BPKP RI, Iwan Taufiq Purwanto didampingi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Dikdik Sadikin menyerahkan dua penghargaan bidang pengawasan yakni Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang telah mencapai level 3 kepada Bupati Mempawah, Hj Erlina pada acara Rakerda Satgas Saber Pungli di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (12/2/2020)

LensaKalbar – Di awal tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Mempawah memperlihatkan prestasi, kualitas, dan kinerja sumber daya manusia (SDM) -nya. Pasalnya Rabu (12/2/2020), kabupaten itu menerima dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Dua penghargaan itu berdasarkan bidang pengawasan yakni, Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang telah mencapai level 3.

Penghargaan tersebut diserah terimakan langsung oleh Deputi BPKP RI didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Dikdik Sadikin kepada Bupati Mempawah, Hj Erlina pada acara Rakerda Satgas Saber Pungli di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (12/2/2020).

Bupati Mempawah, Hj Erlina memberikan apresiasi kepada seluruh SKPD Mempawah yang telah bekerja keras dan maksimal sehingga Pemerintah Kabupaten Mempawah mampu mendapat Maturitas SPIP dan APIP level 3.

“Penghargaan yang telah diterima merupakan motivasi bagi pemerintah mempawah untuk meningkatkan kinerja agar tata kelola pemerintah lebih baik kedepannya,” ujar Bupati Erlina.

Menurut Bupati Erlina, ada 11 Kabupaten yang mendapat maturitas SPIP telah mencapai level 3, sedangkan Kapabilitas APIP yang mencapai level 3 sebanyak 8 kabuoaten/kota di Provinsi Kalbar.

“Alhamdulillah, Pemkab Mempawah mendapat kedua penghargaan tersebut,” ujarnya.

Olehkarenanya, Bupati Erlina berharap mendapat bimbingan langsung dari BPKP Kalimantan Barat agar Pemerintah Kabupaten Mempawah mampu meningkatakan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP.

Deputi BPKP RI, Iwan Taufiq Purwanto mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Daerah yang telah mendapat penghargaan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP level 3 berdasarkan hasil quality assurance oleh BPKP Kalbar.

“Penghargaan yang diterima ini sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik. Ini juga sebagai motivasi bagi pemerintah daerah lainnya yang belum mampu mencapai Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Kapabilitas APIP level 3,” katanya.

Selain itu, Iwan mamastikan Kepala BPKP Kalbar yang baru dilantik siap membantu, membimbing, dan melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah yang ada di 14 kabupaten/kota, Provinsi Kalbar. Tujuannya adalah terciptannya tata kelola pemerintah yang baik.

“Saya yakin Kepala BPKP yang baru, Dikdik Sadikin beserta tim BPKP sangat senang hati membangun sinergitas bersama pemerintah dserah, sehingga percepatan terciptanya good governance dapat tercapai,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *