Menuju Pembangunan yang Adil dan Merata, DPRD Sintang Canangkan Program ‘Satu Desa Satu Pembangunan’

  • Whatsapp
Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menghadiri Musrembang di Gedung Serbaguna Kecamtan Ketungau Hulu, Senin (3/2/2020)

LensaKalbar – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan bahwa pemerintah daerah saat ini fokus terhadap program pembangunan di perdesaan. Desa menjadi salah satu skala prioritas dalam pembangunan di Sintang.

“Desa adalah ujung tombak dalam pembangunan,” ujarnya, saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Ketungau Hulu, di Gedung Serba Guna Camat Ketungau Hulu, kemarin.

Olehkarenanya, Ronny dan seluruh anggota DPRD lainnya sepakat mencanangkan program pembangunan untuk desa. Program itupun adalah ‘Satu Desa Satu Pembangunan’. Artinya, tidak ada lagi desa yang tidak mendapatkan pembangunan.

Program inipun, menurut Ronny, akan merata di  seluruh desa yang ada di Kabupaten Sintang. Sebab, pemerintah tengah berupaya agar tidak ada warga negara yang merasa menjadi warga negara kelas dua atau kelas tiga. Semuanya adalah warga negara Republik Indonesia, termasuk seluruh rakyat di Kabupaten Sintang.

“Semuanya, setara mendapatkan manfaat dari pembangunan itu,” katanya.

Komitmen tersebut terus dibangunnya agar apa yang menjadi visi misi di era kepemimpinannya dapat tercapai. Nah, untuk membangun dengan adil dan merata di segala bidang. Tentu saja harus dilakukan secara bertahap dan melalui penilaian skala prioritas suatu daerah.

Karena itu, pihaknya juga sangat memperhatikan aspirasi dan masukan dari masyarakat. Terpenting, dalam melaksanakan pembangunan dengan mempertimbangkan rasa keadilan dan pemerataan.

“Tentu akan ada skala prioritas karena keterbatasan anggaran yang kita punya. Kami harap 2021 semua desa akan mendapatkan perhatian pembangunan secara adil dan merata,” pungkasnya.

Sementara, Camat Ketungau Hulu, Jamhur mengaku senang dengan nuansa Musrembang tahun ini. Pasalnya, dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Sintang. Tentunya ini menjadi penyemangat baru bagi masyarakat ketungau hulu.

Selain itu, Jamhur menyambut baik program satu desa satu pembangunan yang dicanangkan DPRD Sintang untuk masing-masing desa. Dengan begitu, masyarakat akan langsung merasakan pembangunan di wilayahnya.

“Kita akan menyelaraskan pembangunan di 29 desa yang ada. Apalagi, 10 desa yang ada di ketungau hulu berbatas dengan negara tetangga. Jadi, kita berharap semua desa yang ada ini dapat menuju sejahtera,” tuturnya.

Dia mengatakan, bahwa arah pembangunan tahun ini masih melanjutkan progres pembangunan sebelumnya yakni, membangun infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, TK,  PAUD, Polindes serta pelayanan sosial dasar lainnnya.

“Harapan kita apa yang menjadi persoalan masyarakat di ketungau hulu dapat menjadi perhatian oleh pemerintah dan teman-teman di DPRD,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *