Hujan Seharian, Puluhan Rumah Penduduk di Tiga Dusun Desa Teluk Kebau Terendam Banjir

  • Whatsapp
Kepala Desa Teluk Kebau, Nana Arianto menunjukan puluhan rumah penduduknya teredam banjir, Rabu (22/1/2020)
banner 468x60

LensaKalbar – Hujan deras yang mengguyur Desa Teluk Kebau, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, menyebabkan rumah penduduk di tiga dusun wilayah tersebut terendam banjir, Rabu (22/1/2020) dini hari.

Di Dusun Teluk Kebau, Sungai Hijau, dan Tapang Tomat misalnya, banjir setinggi satu meter setengah itu ikut merendam puluhan rumah warga setelah sungai yang ada di desa tersebut meluap. Banjir tersebut juga membuat perabot rumah warga mengalami kerusakan dan barang-barang lainnya hanyut.

Kepala Desa Teluk Kebau, Nana Arianto mengatakan kepada Lensakalbar.co.id, banjir mulai merendam rumah penduduknya sejak pukul 01.00 WIB, Rabu (22/1/2020). Hingga pukul 18.47 WIB mulai berangsur surut.

Warganya, kata Nana, hanya pasrah, banyak barang-barang warga yang rusak akibat terendam banjir dan banyak juga yang hanyut.

Nana mengaku, banjir yang terjadi di tiga dusun tersebut ikut merendam puluhan rumah warganya. Sebab, sebagian warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman, terutama di tempat tetangga dan keluarga yang tidak terdampak banjir.

“Banjirnya tadi setinggi satu setengah meter,
Ada yang mengungsi kerumah kerabat dan keluarga yang aman dari banjir. Air baru beranjak surut menjelang Isya,” ujar Kades Teluk Kebau.

Walau demikian, Nana mengaku belum ada bantuan ataupun peninjauan langsung yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui intansi terkaitnya.

“Belum ada sejauh ini. Tapi, saya sudah meminta kepala dusun untuk mengintruksikan ketua RT agar mendata rumah warga yang terdampak banjir agar menjadi bahan laporannya ke pemerintah kabupaten,” katanya.

Karena itu, Nana berharap air dapat segera turun sehingga warganya dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya. Jika tidak, maka kondisi tiga dusun itu akan lumpuh dan warganya akan banyak mengalami kerugian. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *