Beranda Kesehatan Tahun Ini, Dinkes Sintang Target 150 Desa ODF

Tahun Ini, Dinkes Sintang Target 150 Desa ODF

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harrysinto Linoh mendeklarasikan Desa Sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, Minggu (12/1/2020).

LensaKalbar – Dalam upaya mewujudkan desa 100 persen bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), dibutuhkan sinergitas seluruh mitra terkait bersama masyarakat untuk mencapai Sintang 100 persen ODF.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harry Sinto Linoh mengatakan untuk mewujudkan Sintang 100 persen ODF, perlu diwujudkan sanitasi yang baik dan sehat melalui berbagai program yang langsung menyentuh ke masyarakat. Hal ini agar strategi pembangunan sanitasi secara komprehensif bisa sistematis dan berkelanjutan.

“ODF bisa meningkatkan kesadaran dan memberdayakan masyarakat mengubah perilaku dari buang air besar sembarangan menjadi buang air besar di jamban sehat,” kata Kadiskes Sintang saat mendeklarasikan Desa Sungai Deras sebagai Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir, Minggu (12/1/2020).

Karena itu, kata Sinto, tahun ini (2020) Dinas Kesehatan Sintang menargetkan 150 desa terdekalarasi Open Defecation Free (ODF). Sementara, hingga 12 Januari 2020 saat ini baru ada 56 desa terdekalarasi ODF.

“Jadi, Desa Sungai Deras merupakan desa yang ke 56. Bahkan menjadi desa yang pertama untuk wilayah Ketungau Hilir, khususnya untuk wilayah Puskesmas Serangas,” ungkapnya.

Langkah ini, menurut Sinto, sebagai upaya Dinkes mendorong desa-desa tertinggal menjadi desa berkembang bahkan menjadi desa mandiri. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here