Beranda Mempawah Bupati Erlina Lantik 68 Kepala Sekolah di Mempawah

Bupati Erlina Lantik 68 Kepala Sekolah di Mempawah

FOTO: HUMPRO

LensaKalbar – Bupati Mempawah, Hj Erlina melantik 68 Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah, Rabu (8/1/2020).

68 kepala sekolah yang diambil sumpah dan janjinya itu mulai dari tingkat TK, SD, dan SMP.

Bupati Mempawah, Erlina mengatakan, proses pengangkatan kepala sekolah ini merupakan yang pertama kali menggunakan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Mengingat peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang penugasan kepala sekolah, sudah tidak sesuai dengan dinamika perkembangan pengelolaan pendidikan nasional.

“Jadi, harus ditempuh dengan mekanisme pengkajian yang mendalam dan seksama dalam menempatkan atau menugaskan guru PNS sebagai kepala sekolah. Tentunya sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018,” katanya.

Menurut Erlina, pendidikan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Mempawah. Pelayanan publik di bidang pendidikan juga menunjukan hasil yang positif, namun ada beberapa indikator yang harus mendapat perhatian khusus yakni, Angka Partisipasi Kasar (APK) pada semua jenjang pendidikan, dan Angka Partisipasi Murni (APM) pada semua jenjang pendidkan cenderung menurun, serta Angka Putus Sekolah (APS).

“Ketiga indikator tersebut berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mempawah, karena kita saat ini masih berada pada tingkat rendah dibanding kabupaten/kota lain yang ada di Kalimantan Barat,” kata Erlina.

Olehkarenanya, Bupati Erlina berharap kepada kepala sekolah agar dapat memberikan contoh dan teladan yang baik bagi guru dan siswa, juga menciptakan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya, serta memberikan dorongan atau arahan kepada guru dan siswa untuk dapat berprestasi lebih baik. (Dex/Humpro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here