Beranda Hukum Drone Dipakai Pencuri untuk Mengintai?, Koster: Itu Rumor Belaka!

Drone Dipakai Pencuri untuk Mengintai?, Koster: Itu Rumor Belaka!

Kompol Koster Pasaribu, Kobag OPS Polres Sintang

LensaKalbar – Belakangan ini warga di Desa Emparu, Kecamatan Dedai dihebohkan dengan pesawat tanpa awak (drone) diduga sebagai alat pelaku kejahatan mengintai rumah warga setempat.

Ihwal tersebut pun langsung ditepis Kabag Ops Polres Sintang, Kompol Koster Pasaribu, Senin (25/11/2019).

Pasalnya, menurut Kompol Koster, belum ada yang melaporkan drone itu ke pihak kepolisian. Artinya, informasi yang diterima warga baru sebatas rumor belaka. Faktanya belum ditemukan bukti – bukti yang rill terkait drone tersebut.

“Masalah yang diresahkan masyarakat soal drone di Dedai kami harap warga jangan terlalu cepat terprovokasi dan jangan terlalu cepat menelan berita -berita yang belum pasti kebenarannya. Mestinya diteliti dan dicermati bersama informasi itu benar atau tidaknya,” tegas Kabag Ops Polres Sintang.

Keresahan warga soal drone, kata Koster, boleh-boleh saja. Namun, perlu diketahui sampai saat ini belum ada satupun warga yang menyerahkan bukti kalau ada melihat drone. Apalagi rerata peristiwanya pada malam hari.

“Buktinya belum ada. Semua informasi kejadiannya malam. Tapi setelah dicek dilapangan oleh petugas itu tidak ada,” ungkap Koster.

Menurut Koster, drone bukanlah barang biasa. Hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaplikasikannya.

Drone itu suatu alat yang sifatnya sensitif. Kalau bukan ahlinya tidak bisa menggunakannya. Apa iya pelaku kejahatan kita sudah sampai menggunakan drone sebagai alat kejahatan?. Tapi, sekecil apapun informasi yang diberikan oleh masyarakat akan tetap kita tindaklanjuti dan pantau,” katanya.

Olehkarenannya, tegas Koster, bahwa informasi yang benar dan rill itu dari pihak kepolisian. Sebab, saat pihak kepolisian menyampaikan suatu informasi tentunya sudah memiliki alat bukti yang kuat.

“Untuk itu, kita harapkan warga tidak termakan informasi hoaks soal drone. Karena sampai hari ini informasinya masih sebatas rumor belaka,” pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Kelam Permai, Iptu Haryanto mengaku warganya pernah dihebohkan dengan pesawat tanpa awak (drone) yang diduga mengintai rumah warga.  Namun, setelah dilakukan pengecekan di lapangan, hal tersebut tidak ada.

“Sudak kita cek di lapangan. Hasil tidak ditemukan. Bahkan warga juga enggan melaporkan soal drone itu ke pihak kepolisian,” ujarnya.

Kendati demikian, Kapolsek berharap warga untuk tetap tenang dan tidak panik. Pasalnya, kepolisian terus melakukan patroli rutin.
“Namun, kalau ada yang menemukan keberadaan drone itu, mhon kiranya segera menghubungi pihak kepolisian agar segera diambil tindakan,” pungkasnya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here