Beranda Pendidikan Dipuji Bak Pahlawan, Guru Honorer Diupah di Bawah UMR

Dipuji Bak Pahlawan, Guru Honorer Diupah di Bawah UMR

Lindra Azmar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang

LensaKalbar – Bukan rahasia umum bila gaji menjadi guru honorer saat ini terbilang rendah, bahkan di bawah Upah Minimum Regional (UMR). Ada banyak guru honorer dengan pendidikan tinggi setingkat sarjana yang mendapatkan gaji di bawah Rp 1 juta/bulan.

Kenapa gaji guru honorer kecil?

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang, Lindra Azmar menjelaskan rendahnya gaji guru honorer saat ini lantaran hanya dibiayai oleh pihak sekolah melalui dana operasional sekolah (BOS). Namun, hanya 15 persen yang dapat digunakan untuk membayar gaji guru honorer.

“Dana BOS juga dilihat dari rincian jumlah murid. Kalau sikit muridnya, sikit juga BOS yang diterima sekolah,” ungkap Lindra Azmar, kepada Lensakalbar.co.id, Senin (25/11/2019).

Di Sintang, kata Lindra, kurang lebih 2.200 guru honorer yang sudah menerima SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Sintang. Gaji mereka (guru honorer) rerata bervariasi. Ada yang Rp 300 ribu, Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta.

“Rata-rata semuanya di bawah Rp 1 juta gaji mereka. Gaji kecil karena tergantung kemampuan dari dana BOS sekolah itu sendiri,” katanya.

Terkait layak tidaknya gaji guru honorer,  Lindra mengaku tidak bisa mengatakan ihwal tersebut tidak layak. Tetapi, masih jauh dari UMR. Sebab, ada aturan untuk membayar gaji guru honorer hanya 15 persen dari Dana BOS yang diterima pihak sekolah.

“Makanya nilai Gaji honorer kita bervariasi. Untuk gaji guru kontrak daerah saja kita hanya mampu Rp1.500.000,-.,” bebernya.

Kendati demikian, tambah Lindra, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang telah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang agar memberikan insentif tambahan khusus kepada guru honorer.

Alhamdullah, usulan itu didukung oleh Bupati Sintang melalui APBD. Jadi, nantinya mereka diberikan insentif sebesar Rp100.000,- perbulannya,” pungkasnya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here