Aksi Lanjutan Demonstran ASAP, Kapolres: Sampaikan Aspirasi dengan Tertib

  • Whatsapp
Ratusan masyarakat Aliansi Solidsritas Anak Peladang (ASAP) dan mahasiswa Kabupaten Sintang menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Sintang, Selasa (19/11/2019)

LensaKalbar – Aspirasi yang disampaikan masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Solidaritas Anak Peladang (ASAP) dan mahasiswa dinilai berjalan dengan aman dan kondusif.

Ihwal tersebut diapresiasi Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi, Selasa (19/11/2019).

“Aksi berjalan dengan kondusif, aman dan damai. Kami ucapkan terimakasih,” katanya.

Terkait aksi lanjutan pada Kamis (21/11/2019) mendatang, Kapolres berharap tidak ada aksi anarkis. “Semua kita harap dapat tertib dalam menyampaikan aspirasinya,” ujarnya.

Terkait beberapa tuntutan para demonstran, ungkap Kapolres, besok, Rabu (20/11/2019) pukul 09.00 WIB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Frokopimda) Kabupaten Sintang akan menggelar pertemuan.

Ia juga mengaharapakn, aksi yang akan dilaksanakan Kamis nanti juga dapat berjalan kondusif, tidak ada aksi-kasi anarkis yang terjadi.

“Kami akan berkoordinasi dengan DPRD, Pemerintah Kabupaten Sintang dan pihak terkait untuk membahas permasalahan ini,” ujarnya.

Apa yang diputuskan pada pertemuan besok, kata Kapolres, tentunya solusi yang diharapkan. Sehingga persoalan karhutla tidak kembali terulang lagi di tahun-tahun mendatang.

“Kami hanya menjalankan Undang-Undang. Tapi, kami juga akan mencarikan solusi untuk 6 terdakwa karhutla itu. Kalau dibebaskan tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Ketua DAD Sintang, Jeffray Edward menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan nasib 6 terdakwa karhutla yang saat ini sedang diproses hukum.

“Semua tadi sudah mendengar, bahwa keinginan masyarakat, kelompok organisasi adat, bahkan DAD yang sudah menyuarakan ini dari awal. Kita inigin petani yang ditahan, bisa bebas murni. Ini tujuan kita,” tegasnya.

Terkait pertemuan Forkopimda besok, kata Jeffray, harus mendengarkan suara masyarakat peladang. “Semua elemen pada rapat besok harus menyampaikan dengan baik,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa dirinya akan  membawa  seluruh anggota DPRD Sintang  untuk ikut pertemuan dengan Forkopimda Kabupaten Sintang.

“Kita besok akan melakukan forum koordinasi pimpinan. Saya akan bawa juga seluruh anggota DPRD dan beberapa perwakilan dari ASAP. Besok baru kita tau keputusannya seperti apa,” katanya.

Terkait aksi demonstrasi pada Kamis (21/11/2019) mendatang, kata Ronny, mereka (demonstran,red) telah sepakat bahwa akan melakukan aksi damai.

“Tentu kita juga dari DPRD akan memberikan dukungan dengan hadir pada hari Kamis nanti,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *