Karang Pamitran, Pemuda Dituntut Inovatif dan Berkontribusi Nyata untuk Pembangunan

  • Whatsapp
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah menerima penganugrahan tanda penghargaan gerakan Pramuka di sela-sela upacara pembukaan Karang Pamitran Daerah Provinsi Kalbar, di Stadion Baning Sintang, Selasa (12/11/2019)

LensaKalbar – Pemuda diharapkan dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan suatu daerah. Caranya membuat suatu ide dan program yang konstruktif, inovatif, dan menjadi motivator yang handal.

Mengingat tantangan yang akan dihadapi pemuda ke depannya semakin kompleks. Olehkarenanya, dibutuhkan suatu terobosan dan inovasi baru agar peran pemuda dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan suatu daerah.

Ihwal tersebut diungkapkan langsung oleh Asisten I Setda Provinsi Kalbar Sri Jumiadatin saat membacakan sambutan Gubernur Kalbar, H Sutarmidji pada pembukaan Kegiatan Karang Pamitran Daerah Kalimantan Barat Tahun 2019 di Stadion Baning Sintang, Selasa (12/11/19).

Dalam kegiatan tersebut, sambung dia, akan disampaikan langsung peran pemuda dalam pembangunan suatu daerah. Baik itu, fisik dan sosial.

“Pemuda juga dituntut untuk ikut bersama pemerintah membangun nilai-nilai moral, sikap pemuda yang agamais, dan berbudaya dalam dinamika pembangunan bangsa yang penuh tantangan, terutama ancaman perpecahan dan kerusakan moral pemuda dengan maraknya peredaran Narkoba yang semakin hari menghantui kalangan pemuda,” katanya.

Yang paling penting lagi, ungkap dia, pemuda harus mampu menjaga persatuan, kesatuan, dan keutugan NKRI dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Memang, tidak seperti membalikan telapak tangan. Namun, dia yakin dengan sinergitas bersama dan kualitas SDM yang unggul para pemuda dapat mewujudkan hal tersebut.

Kegiatan ini, menurutnya, sangat sejalan denganĀ  visi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, salah satunya adalah mewujudkan masyarakat sehat, cerdas, produktif dan inovatif, sehingga untuk mencapainya diperlukan dukungan semua pihak agar masyarakat Kalbar yang sejahtera dapat tercapai.

Selain itu, kata dia, kiprah pramuka di berbagai bidang patut diapresiasi dan di dukung untuk keberlanjutannya, terlebih di era pambanguan nasional saat ini yang dihadapkan makin kompleknya berbagai masalah dan tantangan seperti maraknya korupsi, terpaparnya radikalisme, dan terorisme serta penyalahangunaan Narkoba menjadi tantangan besar bangsa ini, termasuk di Kalbar.

“Nah, disinilah peran Pramuka juga diperlukan untuk membantu pemerintah mencegahnnya,” ungkapanya.

Di tempat yang sama, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengucapkan terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kalbar yang telah menunjuk Sintang sebagai tuan rumah karang pamitran tahun 2019.

Melalui momentum inilah, Jarot menilai dapat mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi sesama pembina Pramuka se-Kalbar.

Selain itu, Bupati Jarot mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Pramuka sejauh ini sangat sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sintang. Salah satunya mewujudkan masyarakat “Bumi Senentang” yang cerdas dan sehat.

Karena itu, sambung Jarot, diperlukan suatu organisasi yang dapat mewadahi kebutuhan kaum muda untuk belajar sekaligus bergerak dan membentuk karakter mereka. Peran pemerintah melalui keberadaan gerakan pramuka menjadi sangat penting.

“Saya harap gerakan pramuka ini dapat membentuk kepribadian anak-anak muda, sehingga memiliki kecakapan hidup untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *