Beranda Sintang Pemuda Harus Produktif, Kreatif dan Berkarakter

Pemuda Harus Produktif, Kreatif dan Berkarakter

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan, membuka kegiatan Seminar Nasional Character Building dengan tema "Winning Mentality For Industrial Revoluition 4.0", di Ballroom Hotel My Home Sintang, Rabu (6/11/19)

LensaKalbar – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan, membuka kegiatan Seminar Nasional Character Building dengan tema “Winning Mentality For Industrial Revoluition 4.0”, di Ballroom Hotel My Home Sintang, Rabu (6/11/19).

Acara ini dilaksanakan oleh Wirausaha Muda Nusatara (WIMNUS) bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sintang yang di hadiri para pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Sintang.

Sebagai motivatornya WIMNUS menghadirkan Presiden OIC Youth Indonesia Mr. Syari Efendi.

Kurniawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemkab Sintang sangat menyambut baik dan mendukung acara seminar yang telah digelar itu. Sebab sangat relevan dengan salah satu visi dan misi Pemkab Sintang yakni membentuk masyarakat Sintang yang cerdas.

“Cerdas dalam pengertian memiliki karakter yang baik yakni siap menjadi pemenang di dalam semua sektor pembangunan,” ungkap Kurniawan.

Saat ini, kata Kurniawan, ada tiga kelompok masyarakat tergolong starategis dalam kehidupannya. Pertama adalah anak muda, kedua adalah wanita, dan ketiga adalah netizen. “Kalau kita mampu mempengerahui tiga kelompok ini maka kita sudah mulai menyiapkan jaringan kekuasaan yang sangat aktuali,” tuturnya.

Olehkarenanya, sambung Kurniawan, seminar yang dilaksanakan oleh WIMNUS dan KPNI ini sangat dibutuhkan oleh para anak muda. Sebab, anak muda memiliki tiga tantangan besar yakni produktivitas, kemandirian, kesejahteraan.

Kendati demikian, kata Kurniawan, tiga tantangan tersebut bisa diubah generasi muda atau anak muda manakala mereka (pemuda,red) mampu merubah mindset dan culture set yang dimilikinya. Sebagai mana yang di bahas dalam seminar ini yakni character building atau membangun karakter.

“Membangun karakter itu adalah membangun diri generasi muda itu sendiri seperti  membangun watak, etos, sikap, komitmen, dan membangun kemampuan diri untuk menjadi bagian penting dalam masyarakat. Itulah yang di sebut dengan character building,” tegasnya.

Karena itu, Kurniawan berharap para peserta mengikuti seminar ini dengan baik, fokus dan buka wawasan, serap ilmunya, sehingga selesai seminar ini masing- masing memiliki semangat baru, agar bisa menjadi manusia yang produktiv, mandiri dan sejahtera.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Wimnus Kalbar Dede Kurniawan mengatakan seminar ini diikuti para pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Sintang. Tujuannya adalah anak-anak muda bisa belajar, sebab mereka merupakan generasi millennial yang bisa menggali dan memiliki semangat baru.

“Dimana kalau kita ngomongin anak muda sekarang, berkaitan dengan di cafe-café. Nah, kalau ketemu di cafe-cafe pasti yang di omongin tentang game dan pacaran,” ujarnya.

Dengan hadirnya seminar ini, diharapkan anak muda Sintang untuk menghidupkan kembali narasi-narasi besar yang digalang oleh anak muda. “Kita ingin anak muda ngomongin hal yang besar, ngomongin peradaban, ngomongin tentang daerahnya, dan pembangunan ke depannya,” pungkasnya.  (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here