Beranda Headline Daftar di Tiga Parpol, NasDem Mulai Panaskan Mesin Poltiknya

Daftar di Tiga Parpol, NasDem Mulai Panaskan Mesin Poltiknya

Florensius Ronny didampingi Romeo, Zulherman mengambil formulir pendaftaran di DPC Partai Gerindra Sintang, Jumat (25/10/2019)

LensaKalbar – MENDEKATI Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sintang 2020, peta politik di Bumi Senentang mulai bergeliat. Meski tensinya belum panas, karena beberapa partai seakan masih memanaskan mesin politiknya. Hal itu karena hingga kini belum ada gerakan massif dari partai politik, untuk melakukan penjaringan calon.

Tercatat hingga saat ini baru DPC PDI Perjuangan (PDIP), PAN, dan Gerindra saja yang telah melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang.

Masih sepinya gerakan partai politik itu dimungkinkan “Sang Petahana” (Jarot Winano) diusung kembali oleh NasDem dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sintang 2020.

Ihwal itu tentu membuat partai lain harus berpikir dan bekerja keras untuk bisa bersaing dengan calon Petahana. Bahkan belum lama ini, Ketua DPC PDIP Sintang, Jeffray Edward yang digadang-gadang maju sebagai calon Bupati Sintang pada Pilkada 2020 mengakui, kekuatan lawan politiknya mendatang yakni Jarot Winarno.

Meski diakuinya tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, PDI Perjuangan adalah petarung. Resiko menang atau kalah sudah diperhitungkannya.

Situasi politik inilah, yang bikin partai besutan Surya Paloh mulai memanaskan mesin politiknya. Gerak cepat pun diambil dengan membangun komunikasi politik terhadap sejumlah partai yang ada di Kabupaten Sintang.

Ihwal itu dibuktikannya dengan melakukan pendaftaran di sejumlah partai politik (Parpol) seperti di PDIP, PAN, dan hari ini, (25/10/2019), “Sang Petahana” kembali didaftarkan sebagai calon Bupati Sintang oleh ketiga kader NasDem yakni, Florensius Ronny, Romeo, Zulherman ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Meskipun “Sang Petahana” hingga saat ini belum menentukan sikap politiknya dalam Pilkada Sintang 2020 mendatang.

“Saya, Romeo, dan Zulherman hari ini mewakili Partai Nasdem untuk mengambil berkas pendaftaran calon bupati di Partai Gerindra. Yang didaftarkan adalah Petahana (Jarot Winarno),”  kata Florensius Ronny usai mengambil formulir pendaftaran calon Bupati Sintang di DPC Gerindra Sintang.

Ronny menyebut tidak hanya di Gerindra, bahkan di PDIP dan PAN pihaknya melakukan hal serupa. Langkah ini diambilnya sebagai bentuk nyata Partai NasDem ingin bersahabat dengan semua partai yang ada di Bumi Senentang.

“Jadi, hari ini kita mendaftar yang ketiga kalinya. Sebelumnya di PDIP dan PAN. Tidak menutup kemungkinan juga apabila partai lain membuka pendaftaran kita juga ikut daftar. Inilah bentuk nyata kita ingin bersahabat dengan semua parpol yang ada,” ungkapnya.

Mengenai final tidaknya NasDem mengusung Jarot Winarno pada Pilkada Sintang 2020, Ronny belum bisa memastikan ihwal tersebut. Namun secara pribadinya Ronny menginginkan “Sang Petahana” diusung NasDem.

“Kalau saya pribadi hampir final yakni Jarot Winarno. Ini pribadi ya, bukan partai,” ucap Ronny sambil tertawa.

100 persen final “Sang Petahana” kembali diusung NasDem pada Pilkada 2020 mendatang. Ihwal itupun ditegaskan oleh Ketua DPD NasDem Sintang, H M Herry Syamsuddin.

“Untuk Bupati sudah final yakni Jarot Winarno. Terkait siapa calon wakilnya kita masih menunggu survey yang dilakukan nanti,” kata H M Herry Syamsuddin, saat dihubungi Lensakalbar.co.id, Jumat (25/10/2019) malam.

Gerindra Buka Pendaftaran Calon Bupati Sintang

Ketua Panitia Penjaringan Calon Bupati Sintang Partai Gerindra, Sandan mengatakan bahwa hari ini, (25/10/2019) pihaknya telah menerima kedatangan tiga kader Partai NasDem. Ketiganya mewakili Jarot Winarno untuk mengambil formulir pendaftaran calon Bupati Sintang di Gerindra.

“Hari ini adalah hari pertama kita buka pendaftaran ya. Ternyata pendaftaran pertama diisi Partai Nasdem mewakili Jarot Winarno untuk mengambil formulir pendaftaran,” kata Sandan.

Sandan memastikan Gerindra siap menerima siapa saja yang ingin mendaftar sebagai calon bupati melalui partainya. Tetapi, soal kepastian siapa yang akan direkomendasikan, semua tergantung penilaian DPP Gerindra.

“Kami siap menerima siapapun yang ingin mendaftar yang ingin memakai Partai Gerindra. Cuman soal kepastian siapa yang dapat, tentunya melalui mekanisme yang ada di partai. Penentuan final soal nama ada di DPP,” ujar Sandan.

Sandan menyebut, hingga saat ini Partai besutan Prabowo Subianto itu belum mengusulkan nama siapa yang bakal direkomendasikan maju Pilkada Sintang.

“Gerindra sejauh ini belum usul nama. Masih terbuka untuk semua yang berminat untuk maju pilkada ya kita siap memberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri, sesuai mekanisme yang ada,” pungkasnya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here